Sukses

Jet Tercanggih, Mampu Keliling Dunia Kurang Dari 2 Jam

Dengan menggunakan roket pendorong untuk naik ke 40.000 kaki, Antipoda dapat mengelilingi dunia dalam waktu kurang dari 2 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pesawat jet generasi terbaru diklaim bisa membawa penumpang dari London ke New York hanya dalam waktu 20 menit. Desainer asal Kanada, Charles Bombardier mengklaim pesawat konsepnya tersebut bisa 10 kali lebih cepat dari Concorde.

Pesawat yang ia sebut Antipoda itu dapat mengangkut 10 orang penumpang. Dengan menggunakan roket pendorong untuk naik ke 40.000 kaki, Antipoda dapat mengelilingi dunia dalam waktu kurang dari yang dibutuhkan untuk menonton pertandingan sepak bola.

Antipoda dilengkapi dengan mesin ramjet combuston supersonik yang dapat membawa pesawat hingga kecepatan 24 Mach. Kecepatan tersebut sama seperti 21 kali kecepatan suara.

Sebagai perbandingan, sebuah pesawat Boeing 747 normal memiliki kecepatan tertinggi 570 mil per jam. Tapi Antipoda bahkan mencapai 16.000 mil per jam.

Semua kelebihan Antipoda itu bisa tercapaii berkat teknologi futuristik yang disebut Long Penetrasi Mode yang menggunakan clever aerodynamics dan baru-baru ini diuji oleh NASA. Udara akan disalurkan melalui lubang di hidung untuk menghasilkan tekanan jet yang mengalirkan udara.

- 

"Sistem transportasi yang bisa membawa Anda dari satu tempat ke tempat lain dengan kilat, itu yang orang-orang harapkan. Saya menjawabnya dengan konsep ini," kata Bombardier seperti dikutip dari BBC, Jumat (09/12/2016).

Sayangnya, semua kehebatan Antipoda itu masih berupa konsep. Ia masih mencari bantuan dana untuk mewujudkan mimpinya tersebut.

Ini bukan kali pertama Bombardier merancang pesawat super cepat. Sebelumnya, ia pernah membuat desain pesawat super cepat lainnya yang disebut Skreemr.

Sementara itu, pesawat penumpang tercepat di dunia saat ini adalah Air Force One. Jet pribadi presiden Amerika Serikat ini dapat mencapai kecepatan 594 mil per jam, mampu mengisi bahan bakar sambil terbang, dan tinggal di udara tanpa batas waktu yang diperlukan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini