Sukses

Tragis, Kampung di Bogor Ini Alami Krisis Air

Liputan6.com, Jakarta RZ (Rumah Zakat) bersama Kitabisa.com membangun fasilitas air bersih berupa MCK dan sumur di Kamoung Cibeureum Desa Sinarsari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Kampung Cibeureum ini merupakan wilayah yang memiliki sumber air terbatas.

Lokasinya berada cukup tinggi dan jauh dari sumber air dengan kondisi jalan yang cukup terjal. Sementara mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai buruh, tukang becak, dan pembantu rumah tangga.

“Jika kita perhatikan, masih ada masyarakat yang menggunakan air tidak layak konsumsi. Masih banyak rumah-rumah yang belum memiliki MCK sendiri sehingga banyak yang melakukan aktivitas mandi cuci kakus di sungai-sungai,” ujar Sopian, Relawan RZ Bogor, Jumat (16/12).

Proses pembuatan sumur dan toilet yang sudah dimulai pada hari Rabu (07/12) sudah memasuki tahap pembuatan pondasi, pembangunan dinding kamar mandi, dan pembuatan septictank. Toilet dan sumur dibangun di atas lahan yang merupakan tanah wakaf dari salah satu warga.

“Rencananya akan dibangun 2 toilet, 1 kamar mandi dan 1 ruang untuk mencuci. Semoga bisa selesai dalam waktu 2 pekan,” pungkas Sopian.

Pengirim:

Titin Edeh Wantini

@titinwantin

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Ini Dia Desa Wisata Terbaik Kemendes
Artikel Selanjutnya
PLN Kembangkan Destinasi Taman Sungai Mudal Kulonprogo