Sukses

7 Penyebab Penglihatan Mata Kabur di Usia Muda, Apa Saja?

Kaburnya penglihatan mata pada usia masih dini memang cukup disayangkan. Ada beberapa penyebabnya, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Kaburnya penglihatan mata pada usia masih dini memang cukup disayangkan bukan? Kurangnya menjaga gaya hidup sehat, membuat kondisi indera penglihatan jadi memburuk. Tapi tak hanya melibatkan persoalan gaya hidup saja. Permasalahan medis sangat berkemungkinan menyebabkan mata kabur menimpa seseorang di usia muda.

Penyebabnya berasal dari faktor masalah medis dan gaya hidup, maka keduanya perlu diperhatikan secara cermat. Mungkin tanpa sadar kesehatan mata tiba-tiba mulai mengalami penurunan fungsi, sehingga mata terlihat kabur saat memandang benda-benda di sekitar. Atau bisa jadi kebiasaan-kebiasaan remeh yang dianggap menyenangkan malah membuat mata kabur secara tak diduga.

Oleh karena itu, mencari tahu apa saja penyebab mata kabur sejak dini memang diperlukan, agar ke depannya bisa mendapat solusi tepat untuk mengatasinya. Ternyata ada berbagai hal tanpa disadari menimbulkan indera penglihatan menjadi kabur pada usia muda. Apa sajakah itu?

1. Sering Mengucek Mata

Sering mengucek mata menggunakan tangan, menjadi salah satu penyebab penglihatan jadi tidak sehat. Kemungkinan orang akan geram ketika mata mereka terdapat sedikit debu menyelinap. Sehingga secara refleks mereka tak segan untuk mengucek mata. Ketika hal itu dilakukan terlalu sering, maka tak hanya membuat kornea mata mengalami pembengkakan.

Kemungkinan besar akibatnya mata berubah kemerahan, penglihatan kabur seperti rabun jauh (Miopia) dan sebagainya. Bahkan jika kebiasaan mengucek mata ini terus dilakukan, dampaknya pun mampu menyebabkan kebutaan, karena terjadi infeksi atau iritasi parah pada mata yang tidak segera ditanggulangi.

2. Menatap Layar Tanpa Batas/Jarak

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini