Sukses

Gadis Muda Operasi Tumor Ovarium, Dokter Malah Temukan Otak Mini

Para dokter yang mengoperasi terkejut saat menemukan otak mini dalam ovarium gadis 16 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Para dokter di salah satu rumah sakit Jepang tertegun setelah menemukan otak kecil tumbuh di dalam ovarium seorang wanita. Perempuan berusia 16 tahun itu menjalani operasi pengangkatan tumor sampai kemudian penemuan mengejutkan itu terjadi.

Melansir dari Iflscience, Senin (09/01/2017), sebelum operasi dilakukan, gadis itu mengaku tak ada gejala aneh yang ia derita sebelumnya. Namun, saat dibedah, tumor di ovariumnya ternyata memiliki massa kecil jaringan saraf yang sangat teroganisir dan menyerupai otak.

Jaringan tersebut lebarnya kira-kira hanya 3 cm, namun memiliki jaringan saraf yang mengontrol motor dan keseimbangan. Tumor ovarium yang berisi jenis lain dari jaringan tubuh biasa dikenal sebagai teratoma. Teratoma sendiri cukup umum terjadi.

Dalam beberapa kasus, tumor dapat memiliki rambut, otot, atau lemak. Terkadang, tumor juga dapat mengandung struktur mini yang menyerupai bagian tubuh yang sebenarnya dan disebut homunculi. Namun, kasus teratoma menampilkan sel-sel otak adalah sesuatu yang langka.

Ahli bedah yang mengangkat tumor di tubuh gadis tersebut menggambarkan penemuannya dalam jurnal Neuropatologi sebagai "tiga laposan korteks serebelar yang terbentuk dengan baik." Bahkan, serat yang menghubungkan neuron satu sama lain (dendrit) juga mulai terbentuk.

Meski tumor tersebut telah diangkat dan gadis itu telah pulih, para ahli berharap masih bisa meneliti tumor tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.