Sukses

Penjual Sayur di Korea Selatan Fasih Berbahasa Jawa Netizen Kagum

Aksi penjual sayur fasih berbahasa Jawa itu mulanya direkam oleh pembeli yang notabene orang Jawa dan sedang bekerja di Korea

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penjual sayur di Korea Selatan, tepatnya di Pasar Gimhae, Busan fasih berbahasa Jawa. Fenomena itu langsung viral dan membuat netizen terheran-heran.

Aksi penjual sayur fasih berbahasa Jawa itu mulanya direkam oleh pembeli yang notabene orang Jawa dan sedang bekerja di Korea. Video itu lalu diunggah di akun Facebook Muhammad Ali Psht Mbhilong.

Ali menuliskan, "Blonjo kebutuhan dapur...Kekel weteng q..pintermen ngomong jowo...wkkk." (Belanja kebutuhan dapur...Sakit perutku...pintar sekali berbahasa jawa).

Dalam video itu, tampak seorang pemuda membeli sejumlah sayur dengan menggunakan bahasa Jawa. Penjual pun melayaninya dengan bahasa Jawa pula. Sambil memasukkan barang belanjaan, penjual itu mentotal harga dengan menyebut angka-angka menggunakan bahasa Jawa.

Keduanya bahkan terlibat tawar-menawar dengan percakapan yang persis di pasar-pasar di wilayah Jawa. Sayangnya tidak diketahui, siapa nama pedagang sayur itu. Termasuk dari mana asal-usulnya dan mengapa dia fasih sekali berbahasa Jawa.

Dari raut mukanya, pedagang sayur itu bukan orang Jawa. Banyak yang menduga, perempuan itu orang asli Korea Selatan namun mempunyai garis keturunan orang Jawa. Tak sedikit juga yang menduga perempuan itu berasal dari Vietnam.

Penasaran, berikut videonya.

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini