Sukses

Tips Sukses Berkarir di Pasar Global: Jangan Ngaret

Menurut Rizal, tingginya kualitas seseorang bukan hanya ditentukan dalam seberapa bagusnya hasil dari karya orang tersebut

Liputan6.com, Jakarta Dapat menjalani karir di perusahaan multinasional merupakan dambaan banyak orang. Meski begitu, hal tersebut bukan hal yang mudah untuk didapatkan. Banyak orang berlomba-lomba mencoba beragam cara untuk dapat menjadi bagian dalam perusahaan multinasional di dunia.

Rizal Hamdallah, telah manjalani karir cemerlang dalam perusahaan multinasional di dunia. Sebagai Director of Global Marketing and Business Development SC Johnson & Son, USA Rizal membocorkan beberapa rahasianya agar dapat bertahan pada ketatnya persaingan dalam berkarir dipasar global saat ini. apa aja sih?

Meski hanya menduduki gelar S1 dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia, Rizal Hamdallah tak mau kalah. Sebelumnya, pria asal kota Bogor ini mengaku, bahwa dirinya merupakan satu-satunya pekerja asal Indonesia yang hanya memiliki ijazah S1.

“Yang lain S2 dan dari universitas ternama dari Inggris, Amerika, Tiongkok, dan lain-lain,” Katanya. Meski Rizal mengaku tidak menjalani seleksi apapun di Indonesia, namun dia membeberkan bahwa seleksi yang sebenarnya berjalan secara tidak langsung didunia kerja itu sendiri. “pada akhirnya banyak yang dipulangkan kenegaranya juga,” katanya.

Menurut Rizal, tingginya kualitas seseorang bukan hanya ditentukan dalam seberapa bagusnya hasil dari karya orang tersebut. melainkan bagaimana cara orang itu dapat berbicara dan menunjukan serta memiliki jiwa leadershsip yang tinggi merupakan salah satu modal yang penting dalam berkarir.

“Salah satunya ngaret. Di di Indonesia, ngaret itu hal yang biasa. Di sana itu semua gak kepake. ngaret 5 menit aja orang udah ilang semua,” kata Rizal saat ditemui di Friday talk liputan6.com kemarin. Berbeda dengan culture Indonesia, sikap kuat mental dan mandiri pada saat menjalani kehidupan juga sangat dibutuhkan.

Budaya orang Indonesia yang cenderung diam, terkadang memang menjadi hambatan tersendiri dalam menunjukan kemampuannya. Namun, hal itu di bantah mentah-mentah oleh Rizal. Lelaki asal kota bogor ini mengaku bahwa sikap terbuka sangat dibutuhkan. “jika kamu mau bekerja dipasar global, Speak Up. Jangan diem aja tunggu ditanya atau disuruh. Orang gak akan tahu kemampuan kamu kalo diem aja,” tambahnya.

Penulis :

Pebby Adhe Liana

Universitas Bung karno

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini