Sukses

Terlalu Sering Duduk, Dapat Mempercepat Penuaan

Fakta ini cukup mengejutkan. Duduk sehari 10 jam

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk orang yang banyak menghabiskan waktu untuk duduk? Sepertinya mulai saat ini Anda harus memperhatikan kebiasan tersebut. Studi terbaru yang ditulis oleh American Journal of Epidemiology mengungkapkan, Sesorang yang terlalu sering duduk, akan lebih cepat mengalami penuaan.

Para peneliti yang melakukan penelitian dan menemukan, bahwa 1.500 perempuan yang menghabiskan waktunya untuk duduk sepanjang hari, memiliki sel-sel biologis lebih tua delapan tahun dari usia mereka sebenarnya.

Ketua American Journal of Epidemiology, Aladdin Shadyab, dari University of California, San Diego School of Medicine mengemukakan, "Studi menemukan, sel-sel yang mengalami pertambahan usia lebih cepat dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang yang terlalu sering duduk. Usia seseorang sebenarnya, tidak selalu sesuai dengan usia biologisnya,"

Secara khusus, para peneliti menemukan bahwa perempuan yang duduk selama lebih dari 10 jam dalam sehari, akan kehilangan waktu sebanyak 40 menit yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas fisik dari ringan hingga berat dalam kehidupan mereka sehari-hari. Padahal, aktivitas fisik sangat diperlukan untuk membentukt telomer. Telomer merupakan bagian yang terdapat pada DNA, yang terletak di ujung kromosom seleukariot, fungsinya yaitu untuk melindungi kromosom dari kerusakan.

“Kesadaran akan pentingnya berolahraga harus dimulai ketika kita masih muda, dan aktivitas fisik harus terus menerus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Seiring bertambahnya usia, seseorang yang sudah memasuki usia tua, seperti 80 tahun juga masih membutuhkan aktifitas fisik seperti berolahraga," ucap Aladdin Shadyab.

Telomer yang rusak, akan mempercepat penuaan seseorang. Namun, faktor gaya idup seperti merokok dan obesitas dapat lebih mempercepat kerusakan pada telomer. Alladdin Shadyab merekomendasikan kepada orang-orang yang selalu menghabiskan waktunya dengan duduk lebih dari 10 jam, agar melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit dalam sehari, untuk menjaga kesehatannya.

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini