Sukses

Waspada, Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur

Memakai laptop di atas kasur pada umumnya cukup sering dilakukan oleh banyak pengguna laptop.

Liputan6.com, Jakarta - Laptop merupakan sebuah sistem komputer yang portabel. Dengan memakai laptop, kita bisa berpindah-pindah lokasi untuk menggunakan sistem komputer ini. Mulai dari rumah ke kantor, lalu ke kafe, kita bisa bersama terus dengan laptop kita.

Meski bisa dibawa pindah-pindah ke banyak tempat, rupanya ada beberapa tempat yang tidak bisa kita pakai untuk menaruh laptop. Salah satunya adalah di atas kasur.

Memakai laptop di atas kasur pada umumnya cukup sering dilakukan oleh banyak pengguna laptop. Alasan terbesarnya biasanya karena mau main laptop sambil tiduran. Namun ternyata sebaiknya kamu nggak melakukan hal tersebut. Penasaran alasannya? Berikut ulasannya.

1. Membuat Sirkulasi Panas Laptop Tidak Lancar

Alasan yang pertama adalah sirkulasi panas laptop tidak lancar saat di atas kasur. Banyak model laptop mempergunakan bagian bawah laptop sebagai intake untuk ventilasi udara. Karena permukaan kasur yang tidak rata kerap kali menutup lubang ventilasi udara tersebut.

Akibatnya memang laptop kamu tidak akan langsung rusak begitu saja. Tapi hal ini dapat dipastikan akan membuat laptop kamu cepat rusak. Penyebabnya sudah jelas, yaitu karena panas berlebih.

2. Membuat Hard Disk Berguncang

Alasan selanjutnya adalah karena membuat hard disk berguncang. Cara kerja hard disk dasarnya adalah sebuah piringan seperti CD atau DVD yang berputar dengan sangat cepat. Karena permukaan kasur yang empuk, hal ini akan sering membuat laptop berguncang.

Dengan begitu, tentu akan membuat hard disk kamu juga ikut berguncang. Karena guncangan hard disk, besar kemungkinan piringan hard disk kamu menjadi tidak stabil dan lecet. Akibatnya hard disk akan menjadi cepat rusak, bahkan rusak total.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini