Sukses

Warga Bingung Memilih, 2 Calon Walkot Punya Nama Sama Persis

Pemilian umum selalu riuh, terutama saat mereka kampanye.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan umum selalu riuh, terutama saat mereka kampanye. Masing-masing pasangan calon (paslon) akan berkampanye, menjabarkan program-program terbaiknya untuk meraih simpati massa.

Namun warga Karatsu City harus berjuang lebih keras untuk bisa memilih kandidat terbaiknya. Karena dua calon yang akanmaju mempunyai nama yang sama persis. Dua calon walikota di salah satu kota di Jepang ini benar-benar membuar warga agak kebingungan.

Mereka berdua mempunyai banyak kesamaan. Namanya sama-sama Shigeru Aoki. Shigeru Aoki yang petahana berumur 56 tahun sementara Shigeru Aoki penantangnya berusia 43 tahun.

Keduanya melaju menjadi kandidat walikota lewat jalur independen, tak ada partai yang mendukungnya. Sehingga pemilih makin kesulitan untuik membedakannya. Keduanya juga pernah bekerja di bidang yang sama yakni: konstruksi.Unik, Pemilu dengan 2 Nama Paslon Sama PersisMasalah kian rumit karena penyeenggara pemilihan umum juga tidak memberi penanda pada keduanya. Bagaimana nanti saat melakukan penghitungan suara? Bagaimana caranya untuk menentukan pemenangnya.

Shigeru Aoki mana yang menjadi pemenang?

Kementerian Dalam Negeri yang mengawasi proses pemungutan suara meminta kepada semua pemilih untuk menulis sesuatu atau memberi tanda untuk membedakan antara Shigeru Aoki yang petahana dengan Shigeru Aoki  sang penantang.

Sarannya, para pemilih bisa menuliskan usia Shigeru Aoki pilihannya di kertas suara. Dan surat suara yang tidak ada tanda-tandanya sama sekali, otomatis akan dibagi dua.

"Kali ini saya memiliki nama yang sama dengan orang lain. Saya tidak punya pilihan selain juga mempromosikan informasi pribadi yang membedakan dengan calon lain saat pemungutan suara,  kata Shigeru Aoki sang petahana.

Peristiwa ini baru terjadi sekali, dua kandidat memiliki nama yang sama persis, bahkan ketika nama itu ditulis dalam huruf kanji.

Bagaimana, unik kan? Andai hal sayang sama terjadi di negeri kita tercinta...

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini