Sukses

Unik, Kebun Gizi Warna-warni Sebuah Gang di Kediri

RZ (Rumah Zakat) Kediri menyulap sebuah gang sempit di wilayah Dandangan menjadi sebuah Kebun Gizi.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengajak warga gemar makan sayur dan buah, RZ (Rumah Zakat) Kediri menyulap sebuah gang sempit di wilayah Dandangan menjadi sebuah Kebun Gizi. Gang Jatayu sepanjang 50 meter ini kini mulai dihiasi dengan berbagai jenis sayuran dan hiasan mural warna-warni.

“Awalnya kita berpikir dan mencari cara tentang bagaimana supaya warga tahu tentang program Kebun Gizi yang digulirkan. Kebetulan di wilayah ini ada sebuah gang yang tak jauh dari jalan raya dan sering dilalui warga. Kemudian munculah ide untuk mengubah gang tersebut dari hanya sekadar jalan menjadi sebuah Kebun Gizi,” ujar Hana, fasilitator ICD Dandangan, Selasa (7/2).

Unik, Kebun Gizi Warna-Warni Sebuah Gang di Kediri

Meski banyak hambatan yang ia alami selama proses pengerjaan, Hana mengaku usaha yang ia lakukan tidak sia-sia. Setelah membuat inovasi baru untuk mengembangkan Kebun Gizi, kini semakin banyak warga yang tertarik untuk menanam sayuran di rumahnya.

“Sudah mulai banyak warga yang meminta bibit tanaman. Semoga ke depannya warga Dandangan semakin tertarik untuk membuat Kebun Gizi, sehingga mereka tidak kesulitan lagi untuk makan buah dan sayur secara rutin karena tinggal petik di kebun milik sendiri,” katanya.

Hana pun berharap banyaknya warga yang mulai tertarik untuk menanam sayur juga ikut tertarik untuk mengembangkan bank sampah yang kini tengah berjalan di wilayah tersebut. Sehingga selain menjalankan pola hidup sehat, ia juga bisa menambah penghasilan warga melalui bank sampah, serta lingkungan di wilayah itu pun bisa semakin bersih dan sehat.

Penulis:

Titin Wantini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.