Sukses

Otaknya Dioperasi, Pria Ini Malah Hibur Dokter dengan Bernyanyi

Seorang pria mengejutkan netizen karena ketika menjalani operasi tumor otak ia dalam kondisi sadar sambil bernyanyi seriosa.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa takut dan cemas ketika akan menjalani sebuah operasi pasti dirasakan setiap pasien. Saat operasi, biasanya pasien akan dibius total. Tapi segelintir pasien tetap sadar ketika dioperasi, bahkan mereka dapat melakukan aktivitas seperti bernyanyi.

Hal tersebut juga dialami seorang pria bernama Ambroz Bajec-Lapajne. Untuk menghilangkan rasa gugup dan takut ketika dibedah, ia pun bernyanyi seriosa.

Dilansir dari Elitereaders, Kamis (9/2/2017), Ambroz yang juga seorang profesional opera dan penyayi paduan suara ini memang menderita tumor otak sehingga ia harus menjalani operasi kraniotomi.

Dalam sebuah video yang beredar di jejaring sosial Facebook terlihat Ambroz tengah berbaring di ruang operasi dengan bagian kepala yang sedang dibedah. Hebatnya, ia menjalani operasi dengan kondisi sadar dan mencoba untuk menghibur para tim medis dengan suara merdunya.

Ketika melihat video viral tersebut, netizen terkejut dan tak menyangka jika dalam situasi semacam itu dia masih bisa bernyanyi dengan apik tanpa rasa takut.

 

Kraniotomi adalah sebuah operasi pembukaan tulang tengkorak untuk mengangkat tumor. Tulang tersebut kemudian akan diganti setelah operasi. Biasanya, pasien yang akan menjalani operasi tersebut harus dalam kondisi sadar karena teknik tesebut lebih disukai jika operasi akan melibatkan daerah otak.

Teknik ini juga memungkinkan para dokter untuk memantau fungsi pasien selama operasi. Tujuan utamanya adalah untuk meminimalkan risiko keselamatan pasien.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini