Sukses

Selamat Hari Pers, Para Tameng Terakhir Penangkal Hoax

Tahun ini puncak peringatan Hari Pers Nasional juga dihadiri Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana di Ambon, Maluku.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Kamis (9/2/2017), para insan media di Tanah Air merayakan Hari Pers Nasional (HPN) ke-72. Setiap 9 Februari, HPN memang diperingati secara bergantian di berbagai ibu kota provinsi di Indonesia.

Tahun ini puncak peringatan Hari Pers Nasional juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana di Lapangan Tantui, Kota Ambon, Maluku. Ada lebih dari 3 ribu orang yang akan menghadiri perayaan HPN ini, termasuk insan pers dari seluruh 34 provinsi Indonesia, masyarakat umum, dan perwakilan negara-negara sahabat.

Namun, tak hanya para tokoh dan pemimpin di Tanah Air yang memperingatinya. Para pengguna jejaring sosial pun tak luput untuk meramaikan perayaan HPN dengan berbagai kicauan di linimasa.

Saking banyaknya ucapan dan harapan pada momen HPN yang membanjiri linimasa, perbincangan tersebut pun menjadi topik yang paling ramai dibahas netizen. Bahkan, kata kunci "Selamat Hari Pers Nasional" pun berada di jajaran teratas trending topic Twitter kawasan Indonesia.

Tanggal 9 Februari 1946 merupakan hari berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Gedung Societeit Sasana Soeka, Solo, Jawa Tengah. Ketika itu PWI dipimpin oleh Harmoko. Salah satu keputusan kongresnya adalah mengusulkan kepada pemerintah agar menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional. Tanggal tersebut akhirnya ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional sejak 1985 melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 5/1985.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini