Sukses

Liburan Bersama Anak Lebih Baik Ketimbang Memberikan Gadget

Liburan bersama anak terbukti lebih banyak memberikan manfaat terhadap tumbuh kembang mereka ketimbang memberikannya gadget

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi di dunia yang semakin maju, justru membuat banyak orang semakin konsumtif. Bahkan sikap konsumtif mulai menjangkit cara mendidik orang tua terhadap anaknya, salah satunya adalah dengan semakin banyaknya orang tua yang lebih memilih membelikan anak-anaknya gadget di usia yang belum seharusnya menggunakan gadget tersebut.

Membelikan gadget untuk anak, masih dianggap sebagian orang tua sebagai jalan pintas untuk menghemat waktu bahkan uang, dibanding mengajak anak-anaknya pergi bertamasya agar mereka terhibur. Waktu untuk berkumpul dan berbincang bersama keluarga kian berkurang, karena masing-masing individu lebih memilih untuk sibuk dengan gadget-nya masing-masing.

Di sisi lain, berkumpul bersama keluarga dan saling berbincang satu sama lain dapat lebih bermanfaat untuk mempererat kebersamaan, dan dapat meningkatkan kebahagian bagi anak-anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempererat kebersamaan keluarga adalah dengan pergi berlibur.

Dengan pergi berlibur bersama keluarga, akan memberi kesempatan bagi setiap anggota keluarga untuk lebih banyak memiliki waktu dalam menikmati kebersamaan.

Seorang profesor dari MIT Sloan Management di AS, Dr. Lotte Bailyn mengungkapkan, bahwa hubungan keluarga yang baik hanya dapat terjadi jika dalam keluarga tersebut saling berinteraksi satu sama lain.

"Hubungan keluarga yang baik, hanya akan muncul ketika keluarga memiliki interaksi,” ucap Dr. Lotter Bailyn.

Jika Anda menghabiskan uang Anda untuk membeli mainan mahal atau gadget, hal tersebut hanya akan memberi kebahagiaan bagi anak dalam jangka pendek. Ketika anak memiliki mainan atau gadget baru, kebahagian yang timbul hanya bertahan selama seminggu atau sebulan. 

Sedangkan pergi berlibur, akan membuat kebahagiaan pada anak lebih melekat dan mereka akan terus mengingatnya sebagai pengalaman yang menyenangkan dalam hidup mereka.

Menurut psikolog dan penulis buku terlaris, Oliver James, anak-anak akan lebih menghargai kebahagiaan ketika mereka merasakan pergi berlibur bersama keluarga anak-anak akan mengingatnya sebagai momen membahagiakan dalam hidup mereka hingga mereka tumbuh dewasa. 

"Liburan bersama keluarga lebih dihargai oleh anak-anak, baik di saat ini dan sesudah mereka dewasa. Itu akan terus melekat dalam memori mereka. Jadi, jika Anda akan menghabiskan uang untuk sesuatu yang dapat membahagiakan anak, Anda dapat melakukannya untuk hal membahagiakan yang lebih dapat dirasakan dan dikenang oleh anak,” ucap Oliver James.

Sementara itu, dengan berlibur dengan keluarga, Anda akan membuat kenangan dengan anak-anak Anda. Ikatan batin dengan anak-anak Anda akan lebih erat, karena Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berbicara secara mendalam dengan mereka ketika berlibur bersama. Bahkan, sebuah badan amal nasional di Inggis yaitu Family Holiday Assocation, membantu para keluarga di sana untuk dapat pergi berlibur.

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.