Sukses

Demi Video, Pria Ini Nekat Berenang di Dekat Aliran Lava Pijar

Pria itu tampak terombang-ambing di dalam ombak dengan memegang tongkat kamera selama beberapa menit.

Liputan6.com, Jakarta

Fotografer yang berbasis di Hawaii, Kwalka Singson mengabadikan video seorang pria nekat yang mengambil gambar terlalu dekat dengan aliran lava pijar  yang mengalir ke Laut Pasifik. Pria itu tampak berenang di laut yang hanya beberapa meter dari lava Gunung Kilauea, Hawaii.

Pria itu tampak terombang-ambing di dalam ombak dengan memegang tongkat kamera selama beberapa menit. Sesekali, pria itu melawan ombak yang hendak menyeretnya ke arah lava pijar.

Aksi nekat pria itu lantas mendapat kecaman dari sejumlah pihak, setelah Singson mengunggahnya di akun You-Tube miliknya. Meski Singson sebenarnya telah menuliskan, "Ini sangat berbahaya, tapi kami telah hidup di Pulau Vulkanik sejak kami masih kecil."

Salah satu yang bereaksi dari unggahan video tersebut adalah Geolog Amerika Serikat, Janet Babb. Ia menilai aksi pria itu sangat ceroboh meskipun memang berani. Sebab lava pijar itu memiliki suhu panas hingga 2000 derajat yang dapat memebahayakan keselamatan perenang itu.

Selain perenang itu bisa terlempar ke aliran lava, ada bahaya lain yakni munculnya uap panas sebagai reaksi dari lava pijar bertemu air laut. Reaksi itu juga memicu terbentuk bahan kimia berbahaya seperti kaca vulkanik dan asam klorida.

"Ini sesuatu yang seharusnya sangat dihindari," ujar Janet dilansir dari Huffington Post.

Meskipun menarik dan cantik, proses mengalirnya lava pijar ke laut sebenarnya merupakan hal yang sangat berbahaya. Wisatawan bahkan dilarang terlalu dekat dan cukup diawasi agar tidak terlalu dekat dengan lokasi mengalirnya lava pijar.

"Karena ketika Anda berkeliaran teralu dekat di area itu, Anda akan menghadapi puing-puing hasil dari interaksi ledakan antara lava dan air," ujarnya.

"Maka jika Anda masih meremehkan risiko bahaya, tidak menutup kemungkinan Anda akan menghadapi runtuhnya puing-puing secara tiba-tiba."
 
Gunung Kilauea Hawaii adalah gunung api vulkanik yang paling aktif di dunia. Meskipun tidak menimbulkan ancaman, namun sekelompok kecil masyarakat merasa terancam pada tahun 2014.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.