Sukses

Bikin Geger, Orangutan Ini Cari Pasangan Melalui Tinder

Sebuah kebun binatang di Belanda berharap dapat meningkatkan kemungkinan pembiakan orangutan betina melalui Tinder.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kebun binatang di Belanda berharap dapat meningkatkan kemungkinan pembiakan orangutan betina. Salah satu caranya dengan melihat apa ia akan memilih pasangan yang disukainya lewat aplikasi Tinder sebelum mereka dipertemukan.

Dalam eksperimen yang dinamai Tinder untuk orangutan ini, Taman Primata Apenheul akan memperlihatkan pada Samboja, orangutan berumur 11 tahun, foto dari calon pasangannya yang berasal dari program internasional pengembangbiakkan kera besar.

Thomas Bionda, biologis di Apenheul mengatakan jika tujuan dari eksperimen ini untuk mencari tahu lebih dalam mengenai bagaimana orangutan betina memilih pasangan mereka.

Terdapat kemungkinan bahwa pasangan pilihan Samboja berasal dari kebun binatang di Singapura, karenanya pihak kebun binatang berharap pertemuan mereka bisa sukses.

“Sering kali binatang harus dibawa kembali ke kebun binatang asal mereka tanpa sempat berkembang biak. Hal ini tak selalu berjalan mulus ketika jantan dan betina bertemu," kata Bionda.

Tes ini juga sebelumnya dilakukan pada bonobo dan simpanse, di mana mereka menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap foto yang mengandung stimulus positif.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini