Sukses

Mulia, Penyapu Jalan Biaya 37 Anak Miskin Agar Bisa Sekolah

Seorang penyapu jalan selama tiga dekade telah menyisakan gaji bulanannya untuk membiaya 37 anak-anak miskin agar bisa sekolah.

Liputan6.com, Tiongkok - Menyisikan sedikit uang yang didapat dari penghasilan bekerja memang rutin dilakukan segelintir orang. Selain untuk menabung, beberapa dari mereka bahkan sengaja memberikannya untuk orang-orang yang membutuhkan.

Hal tersebut pun dilakukan seorang pria dari Shenyang, provinsi Liaoning, Tiongkok ini.

Meski bekerja sebagai penyapu jalan, pria bernama Zhao Yongjiu telah membantu membiayai pendidikan 37 anak-anak miskin di Tiongkok selama tiga dekade.

Dilansir Odditycentral, Selasa (21/2/2017), pria berusia 56 tahun itu memang rutin menyumbangkan sebagian gaji bulanannya sebagai penyapu jalan di kawasan Liaoning, untuk membantu anak-anak miskin agar bisa merasakan pendidikan yang layak.

Zhao Yongjiu/dok: odditycentral.com

Setiap bulannya Zhao menerima gaji sebesar Rp 470 ribu, pendapatannya tersebut bahkan tidak cukup untuk menghidupinya dengan layak. Meski begitu ia tidak berencana untuk berhenti membiayai anak-anak kurang beruntung untuk sekolah.

Selama tiga dekade, ia telah menyumbangkan sekitar Rp 330 juta untuk 37 anak-anak miskin di Tiongkok.

Zhao Yongjiu/dok: odditycentral.com

Aksi mulianya bahkan tak tanggung-tagung. Merasa penghasilannya kurang membantu, ia pun menjual rumahnya dan memutuskan untuk menyewa sebuah rumah kontrakan satu kamar seharga Rp 120 ribu setiap bulannya. Sebagian uang hasil menjual rumah pun ia gunakan untuk menambahkan biaya sekolah anak-anak.

Kisah Zhao yang viral di media sosial Weibo kontan ditanggapi berbagai respons netizen. Banyak dari mereka sangat terkesan dengan kemurahan hatinya dan ada pula yang menyebutkannya sebagai pahlawan kehidupan yang nyata.

"Jika banyak orang memiliki kemurahan hati seperti penyapu jalan tua ini, maka dunia akan menjadi tempat yang lebih baik," ungkap seorang pengguna Weibo.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.