Sukses

Gagal Pahami Indochina, Netizen Suruh AirAsia Hengkang dari NKRI

Liputan6.com, Jakarta Kemarahan netizen yang salah memahami pengertian Indochina dengan baik, ditanggapi serius oleh pihak AirAsia di Twitter. Admin AirAsia Indonesia merasa perlu menjelaskan istilah Indochina lantaran nama maskapai penerbangan lintas negara di Asia itu dibawa-bawa hingga diancam akan diboikot.

Dalam akun resmi @AirAsiaId, admin Air Asia memaparkan istilah Indochina yang digunakan di papan pengumuman di Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia. Indochina menurut penjelasan AirAsia adalah istilah yang lazim digunakan sejak abad 19 oleh Bangsa Eropa untuk menyebut beberapa wilayah di Asia Tenggara.

Tweet AirAsia Jelaskan Istilah Indochina

Secara historis, istilah Indochina mencakup negara-negara bekas jajahan Perancis. Seperti Negara Vietnam, Laos, Kamboja, Selandia Baru dan lain sebagainya. Lalu apakah Indonesia termasuk? Tentu saja tidak, karena Indonesia tidak pernah dijajah Perancis.

Sedangkan secara geografis, Indochina digunakan untuk menyebut negara-negara yang letaknya berada di Semenanjung Timur yang menjorok dari daratan Asia Tenggara ke Laut China Selatan. Wilayah-wilayah itu berbatasan dengan Republik Rakyat China (RRC) tepatnya, di sebalah timur Laut Cina Selatan dan di sebalah barat Negara Thailand.

Tweet AirAsia Jelaskan Istilah Indochina

Meskipun secara kulutral, istilah Indochina dapat digunakan untuk menyebut wilayah-wilayah yang terkena pengaruh kebudayaan Cina dan India, namun istilah Indochina untuk penerbangan yang digunakan AirAsia tidak mencakup Indonesia, melainkan hanya Kamboja, Laos, dan Vietnam. Istilah itu sudah lazim digunakan sejak lama.

Tweet AirAsia Jelaskan Istilah Indochina

AirAsia juga menjelaskan jika bagasi untuk tujuan ake Negara Indonesia telah disediakan bagasi khusus di Konter U. Jadi besar kemungkinan netizen yang menunggah istilah Indochina usai plesiran ke luar negeri itu, tidak mendapat informasi dengan benar. Pasalnya foto yang diunggah, netizen tersebut sedang berada di konter V yang memang untuk kawasan Indochina.

Tweet AirAsia Jelaskan Istilah Indochina

Istilah Indochina viral bermula dari unggahan seorang pengguna Facebook usai plesiran ke luar negeri. Ia kaget ketika berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur dan mendapati tidak ada nama Indonesia di papan pengumuman.

Ia kemudian memfoto papan pengumuman itu dan menggunggahnya dengan bubuhan cerita yang provokatif. “Pass mau check in di Bandara KLIA2 Malaysia, Pass lihat di papan info… ada tulisan ‘INDOCHINA‘.. Saya tunggu mana INDONESIA tapi tetap tak muncul… Jadi dimana letak negara INDOCHINA? MIKIR dan SADAR lah saudaraku INDONESIA."

Unggahan Netizen Soal Indochina

Terang saja, netizen yang tak tahu menahu soal istilah Indochina langsung terprovokasi dan menuliskan komentar-komentar marah. Bahkan mereka menghujat dan sempat mengancam akan memboikot AirAsia Indonesia.

Tetapi, netizen yang punya pengetahuan soal Indochina juga turut meluruskan kesalahpahaman tersebut. Sehingga apa yang terjadi hanyalah kemarahan yang didasari karena ketidaktahuan.

(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini