Sukses

Terungkap, Kulkas Bisa Cegah Smartphone Disadap, Benarkah?

Edward Snowden, mantan karyawan CIA sengaja memasukkan smartphone ke dalam kulkas agar mencegah penyadapan.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak tahu Edward Snowden? Dia yang merupakan mantan karyawan CIA pun takut jika smartphone-nya disadap. Agar tidak disadap, Snowden pernah menyuruh kuasa hukum yang datang ke tempat tinggal untuk memasukkan smartphone mereka ke dalam kulkas.

Gara-gara tindakan Edward Snowden ini, banyak yang meyakini bahwa memasukkan smartphone ke dalam kulkas bisa mencegah penyadapan. Tapi, benarkah demikian?

Banyak orang berspekulasi bahwa Snowden tengah menggunakan kulkas sebagai sebuah Sangkar Faraday. Sehingga saat terjadi pembicaraan rahasia, tidak ada yang bisa menyadap pembicaraan mereka menggunakan microphone atau kamera smartphone.

Sangkar Faraday adalah suatu ruang tertutup yang terbuat dari material penghantar listrik yang berfungsi untuk menangkal medan listrik dari luar. Karena fungsinya, Sangkar Faraday diyakini sebagai ruang anti sadap.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini