Sukses

Korban Banjir Gunung Halu Bandung Terima Kornet

Liputan6.com, Jakarta RZ (Rumah Zakat) menyalurkan bantuan 200 kornet Superqurban, 30 paket sembako, serta alat-alat mandi dan kebersihan untuk korban banjir di Kecamatan Gununghalu, Kab. Bandung Barat. Bantuan disalurkan langsung kepada warga di sana.

“Alhamdulillah bantuan sudah kami berikan kepada warga. Beberapa dari mereka saat ini masih mengungsi dan menginap di rumah kerabat. Tapi karena banjir sudah mulai surut beberapa juga ada yang mulai kembali ke rumahnya,” ujar Nurlatifah, Relawan RZ Bandung, Senin (27/2).

Banjir yang disebabkan oleh luapan Sungai Cidadap tersebut mengakibatkan ratusan rumah tergenang setinggi 1,5 meter. Tidak hanya itu, salah satu jembatan penghubung Desa Gununghalu dan Desa Mekarwangi di Kampung Tonjong RT 04/09 rusak berat. Akibatnya, akses warga pun terhambat.

Banjir tersebut pun merendam sawah seluas 42 hektar milik warga. Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, insiden yang terjadi pada pukul 15.30 WIB tersebut merendam 3 desa seperti Desa Mekarwangi, Kampung Cibeber, dan Desa Bunijaya.

“Kerugian materil 100 unit rumah terendam dengan tinggi muka air 1,5 meter. Namun, belum ada laporan korban jiwa, pengungsi, dan jumlah terdampak, masih dalam pendataan,” katanya.

Penulis:

Titin Edeh Wantini

@titinwantini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Pesantren dan Rumah di Bogor Banjir, Ratusan Santri Diungsikan
Artikel Selanjutnya
Hujan Deras Semalaman, Ratusan Rumah di Bogor Terendam Banjir