Sukses

Ngeri, 5 Bukti Keganasan Jika Meteor Menghantam Bumi

Selain menghancurkan dan memusnahkan, meteor juga bisa menghasilkan sesuatu.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan meteor sudah ada sejak zaman dinosaurus masih hidup di Bumi. Beberapa benda angkasa ini ada yang masih utuh saat menghantam Bumi, ada juga yang berhasil menghancurkan satu wilayah. Banyak sejarah peradaban Bumi yang hilang karena meteor, salah satunya adalah dinosaurus.

Selain menghancurkan dan memusnahkan, meteor juga bisa menghasilkan sesuatu. Salah satunya danau indah hasil dari tabrakan meteor. 

Meteor sebesar Pulau Bali di Meksiko

Meteor raksasa ini pernah menghantam Meksiko 65 juta tahun yang lalu. Terjadi mega tsunami, gempa dan semua gunung berapi meletus. Makhluk-makhluk yang hidup di zaman ini diperkirakan banyak yang tidak selamat. Karena setelah jatuhnya meteor ini, terjadi musim dingin berkepanjangan selama sekitar 300 ribu tahun.

Meteor di Kanada

Di Kanada, meteor yang jatuh membentuk sebuah wilayah baru yang dikelilingi perairan di Manicougan. Tidak ada yang tahu persis berapa ukuran meteor serta kekuatannya, tapi meteor ini diprediksi jatuh 212 juta tahun lalu.

Meteor dengan lubang di Tajikistan

Lagi-lagi meteor raksasa menghantam. Kali ini terjadi di Tajikistan. Meteor ini dengan dahsyat berhasil membuat lubang sedalam 25km. Berapa kira-kira besarnya meteor tersebut?

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.