Sukses

Jambu Monyet, Manfaatnya Bagi Kesehatan Luar Biasa

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan jambu mede alias jambu monyet? Jambu ini lebih dikenal karena bijinya yang bila dikeringkan dan digoreng, dapat menjadi penganan renyah bernama kacang mede. Namun, tahukah Anda. Jambu mede sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Jambu mede memiliki kulit tipis seperti tomat. Yang dikenal sebagai "buah" sebenarnya merupakan dasar bunga yang mengembang setelah terjadi pembuahan.

Sementara bagian buahnya sendiri adalah yang biasa kita kenal sebagai kacang mede. Bagian yang membengkak bila dimakan akan terasa segar, sedikit pahit, tapi juga meninggalkan sensasi kering di tenggorokan.

Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C dan juga tanin yang kaya. Ada beberapa manfaat rutin mengonsumsi jambu mede. Seperti dikutip dari Buzznigeria, ini dia:

1. Mengandung vitamin C lima kali lebih banyak daripada jeruk

Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta mempercepat penyembuhan saat flu.

2. Kaya kalsium

Kandungan kalsium yang dimiliki buah ini bermanfaat untuk otot dan tulang.

3. Untuk kesehatan seksual

Peneliti mengklaim jus jambu mede dapat membantu meningkatkan energi dan gairah. Malahan, jus jambu mede juga dipercaya dapat membuat wanita menopause lebih mudah untuk tidur.

4. Membantu membakar lemak

Buah ini sangat bermanfaat sebagai suplai energi dan membakar lemak saat berolahraga.

5. Baik bagi jantung

Kandungan buah ini juga sangat baik bagi kesehatan jantung dan menurunkan kadar trigliserid tinggi di tubuh yang terkait dengan penyakit jantung.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6