Sukses

Setop Mengingat Banyak Password Akun Internet, Ini Alasannya

Untuk mengamankan akun kita di internet, setiap layanan mengharuskan kita menggunakan dan mengingat password.

Liputan6.com, Jakarta - Di era Internet of Things ini, siapa sih yang tidak punya akun di internet? Akun ini merupakan identitas diri kita di dunia maya yang bisa digunakan di toko online, media sosial, aplikasi chatting, hingga layanan lainnya yang ada di internet.

Untuk mengamankan akun kita di internet, setiap layanan mengharuskan kita menggunakan dan mengingat password. Tapi tahukah kamu, sudah saatnya sekarang kamu berhenti mengingat password!

Gak cuma smartphone yang semakin canggih, berbagai layanan pendukungnya juga ikut terus berkembang maju. Termasuk layanan yang memudahkan kamu soal password akun di internet. Makanya kamu harus berhenti mengingat password. Berikut alasannya:

Mengingat banyak password itu pusing

Dulu, kamu mungkin hanya perlu menggunakan password untuk layanan email dan aplikasi chatting saja. Tapi sekarang kamu pasti punya password layanan media sosial, online perbankan, online shop dan berbagai layanan online lainnya semakin banyak, kan?

Semakin banyak layanan online yang kamu gunakan, akan semakin banyak password yang harus kamu ingat. Yakin semua password itu bisa kamu ingat? Pasti pusing.

Pakai satu password untuk semua akun itu berbahaya

Solusi jika ingin memiliki banyak akun tapi malas mengingat banyak password adalah menggunakan satu password untuk semua akun. Tapi ini jelas sangat berbahaya. Bayangkan, apa jadinya jika ada hacker mengetahui satu password layananmu? Maka semua layanan online yang kamu gunakan bisa dibobol hacker.

Saatnya pakai password manager

Teknologi sudah semakin canggih, jadi ngapain pakai cara kuno? Untuk mengingat password dan mengamankan datamu dari hacker, gunakanlah password manager, seperti LastPass atau Dashlane.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.