Sukses

Jamu Raja Salman di Istana Bogor, Jokowi Sajikan Nasi Liwet Solo

Jokowi menyajikan Nasi Liwet untuk disantap oleh Raja Salman di Istana Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cerita menarik terkait kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz ke Indonesia. Taruh saja sambutan meriah dari warga Bogor saat rombongan kerajaan melewati mereka atau vlog yang dibuat oleh Jokowi saat acara jamuan makan siang.

Untuk rombongan Raja Salman, Jokowi ternyata telah menyiapkan hidangan spesial ketika jamuan makan siang di Istana Bogor itu berlangsung. Jokowi menyajikan nasi liwet atau sego liwet khas Solo khusus bagi para tamu kehormatannya tersebut.

Sebuah foto yang beredar di media sosial menunjukkan rombongan kerajaan yang asyik menyantap hidangan khas Indonesia itu. Terlihat pula pejabat Arab Saudi yang tengah menunjuk hidangan yang akan ia santap.

Tak tanggung-tanggung, si mbak penjual nasi liwet dibawa langsung masuk ke dalam Istana Bogor agar para tamu bisa merasakan suasana khas Indonesia.

Hal ini mengingatkan kita dengan aksi Jokowi yang sengaja memboyong gerobak nasi goreng, bubur ayam, siomay, dan ketoprak beserta penjualnya ke dalam komplek istana untuk dikonsumsi para menteri di rapat kabinet.

-

Netizen pun berkomentar positif atas usaha Jokowi memperkenalkan makanan asli Indonesia pada Raja Salman itu.

"Hehe, itu pak jenderal arab doyan nasi liwet yak. Jadi lapar deh. Hehe," tulis akun Tjatur Rahman.

"More local, more internasional, Bro!" ujar akun Theofilus Harsoko.

"Aduh, enak semua itu. Bisa gagal diet kalau liat semua makan itu," tukas akun Sadina Arkadewi.

Nasi liwet merupakan makanan khas Kota Solo, kota asal Jokowi. Nasi gurih ini sengaja disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam, dan aeh (semacam bumbu gurih dari kelapa). Untuk melengkapi, terdapat berbagai macam lauk yang bisa dimakan bersama Nasi Liwet seperti tempe, tahu, dan telur bacem, ayam, dan lain-lain.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.