Sukses

Mirip Manusia, Patung Karya Seniman Korea Buat Orang Takjub

Liputan6.com, Seoul - Seorang artis asal Korea Selatan mendapat perhatian dunia karena patungnya yang amat mirip dengan manusia. Saking miripnya, patung-patung ciptaannya mampu membuat orang bergidik.

Minat Choi Xooang untuk mematung dimulai saat ia masuk sekolah tinggi khusus seni. Choi mengadakan pameran pertamanya pada tahun 2002 dan telah bekerja sebagai senikan selama lebih dari 10 tahun.

Setiap patung yang ia ciptakan memakan waktu sekitar 2-5 bulan untuk diselesaikan. Patung-patung yang ia ciptakan, menghantui siapa pun yang melihatnya karena bentuknya yang realistis dan terkesan aneh.

Wajar saja, banyak yang kemudian menyebut karya-karya sebagai bagian dari film horor, tapi Choi mengklaim patungnya adalah ciptaan yang terindah. Berbeda dengan pematung lainnya, Choi menggabungkan bagian-bagian tubuh untuk membuat patung yang menunjukkan perhatiannya terhadap kondisi manusia dalam masyarakat.

- 

"Patung-patung saya bisa dipandang sebagai hyperrealism. Saya mendistorsi atau membesar-besarkan kenyataan dalam rangka untuk mengungkapkan fenomena atau status tertentu," terang Choi saat ditanya alasannya membuat patung demikian seperti dilansir dari Koreaboo.

Ia menjelaskan kalau karya seni yang ia ciptakan, memang sengaja diciptakan untuk menempatkan orang-orang yang melihatnya dalam situasi yang tidak nyaman.

"Jika seseorang merasa tidak nyaman secara fisik atau mental saat melihat karya saya, berarti karya saya berhasil," tambah dia.

- 

Karya seni Choi menggambarkan emosi manusia yang seolah-olah membeku dalam waktu. Patung-patung tersebut mengungkapkan realitas orang biasa dan berhasil menarik keluar perilaku dan perasaan mereka.

Choi telah mengadakan banyak pameran tunggal serta pameran kelompok termasuk DOOSAN Residency 2017, Islet of Aspergers, The Vegetative State, dan lainnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Hilang 150 Tahun, Lukisan 'Pencatat' Sejarah Australia Ditemukan
Artikel Selanjutnya
Ketidaksempurnaan Mampu Menjadi Sebuah Karya Seni yang Indah