Sukses

Misterius, Penemuan Makam Berbentuk Piramida di Tiongkok

Liputan6.com, Henan - Sekelompok arkeolog berhasil menemukan sebuah makam berbentuk piramida di bawah situs konstruksi di Zhengzhou, Provinsi Henan, Tiongkok. Situs pemakaman kuno tersebut tak biasa ditemukan sehingga disebut sebagai penemuan yang 'ajaib.'

Analisis lebih lanjut akan segera dilakukan untuk mengidentifikasi berapa usia makam itu, siapa pemiliknya, dan mengapa makam itu dibangun dalam bentuk tertentu. Media Tiongkok pun telah menjuluki makam tersebut sebagai 'piramida dari Zhengzhou' meski strukturnya lebih kecil ketimbang piramida di Mesir.

Menurut Huanqiu seperti dilaporkan oleh People's Daily Online, makam itu ditemukan di dekat sebuah jalan tol yang terletak sekitar satu kilometer di sebelah barat Sngai Kuning. Daerah itu awalnya sebuah desa tapi telah dipindahkan untuk membuat jalan bagi sebuah kompleks perumahan baru.

Makam berbentuk piramida merupakan salah satu dari dua makam yang ditemukan di dalam ruang peti mati oleh staf dari Biro Kebudayaan Relicks Zhenhzhou, sementara makam lainnya berbentuk seperti setengah silinder.

- 

Seorang pekerja yang menjaga lokasi penggalian mengatakan bahwa makam ini bisa saja berusia lebih dari 2.000 tahun dan penggalian telah berlangsung selama lebih dari sebulan. Menurut Biro Relik Budaya Hena, makam tersebut muncul setelah dinasti Han (206 SM-220 M) dan dibangun dengan batu bata.

*Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Misteri Penampakan Cahaya Persegi di Langit China, Pintu Surga?
Artikel Selanjutnya
PHOTO: Ngeri, Kuburan Berisi 600 Kerangka Manusia Ditemukan di Meksiko