Sukses

Peneliti: Laba-Laba Bisa Habiskan Manusia di Bumi dalam 1 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Laba-laba merupakan hewan yang sangat mudah ditemui di sekitar kita. Bahkan, terkadang kita harus berbagi ruangan di rumah dengan hewan berkaki delapan ini.

Sebagian besar laba-laba memangsa serangga, namun beberapa spesies yang lebih besar pernah terlihat memangsa kadal, burung, bahkan mamalia kecil!

Melihat nafsu makan laba-laba yang besar, sebuah pertanyaan menggelitik muncul di kepala dua ahli biologi Eropa: Jika laba-laba juga memangsa manusia, seberapa banyak manusia yang sanggup mereka makan?

Dua ahli biologi tersebut, Martin Nyffeler dan Klaus Birkhofer, akhirnya melakukan penelitian untuk mengetahui perkiraan total berat mangsa yang dikonsumsi kawanan laba-laba di seluruh dunia.

Dalam laporan penelitian yang dipublikasi di jurnal Science of Nature, Nyffeler dan Birkhofer mengungkapkan bahwa laba-laba berevolusi sekitar 400 juta tahun lalu dan merupakan salah satu predator paling umum dan berlimpah di ekosistem Bumi.

“Mangsa yang dilahap kawanan laba-laba global selama setahun bervariasi antara 400 hingga 800 juta ton,” tulis mereka.

Sementara itu, hasil studi tahun 2012 memperkirakan bahwa massa total seluruh manusia dewasa di Bumi sekitar 287 juta ton.

Berdasarkan angka di atas, itu berarti berat mangsa yang dimakan laba-laba dalam setahun jauh lebih banyak ketimbang berat gabungan seluruh manusia dewasa di Bumi.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Baru Saja Ditemukan, Hewan Ini Akan Segera Punah
Artikel Selanjutnya
Ular Bertarung Sengit Lawan Tarantula Raksasa, Siapa Juara?