Sukses

Hebat, Nenek 98 Tahun Jadi Instruktur Yoga Tertua di Dunia

Nanammal diklaim sebagai instruktur yoga tertua di India, bahkan tertua kedua di dunia setelah Tao Porchon-Lynch.

Liputan6.com, India - Semua orang tentunya ingin selalu dalam kondisi sehat dan bugar. Namun, pada saat usia sudah lanjut pasti kondisi fisik biasanya juga mulai menurun.

Nah, karena faktor umur tersebut terkadang para lansia mulai meninggalkan hobi atau pun kegiatan yang menguras energi mereka. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi nenek dari India ini.

Dilansir Odditycentral, Selasa (2/5/2017), Nanammal diklaim sebagai instruktur yoga tertua di India, bahkan tertua kedua di dunia setelah Tao Porchon-Lynch. Nenek berusia 98 tahun itu juga menjadi inspirasi bagi seluruh generasi pemuda India untuk mengikuti yoga.

Dia mengatakan jika tidak pernah berhenti berlatih yoga selama sembilan dekade terakhir dalam hidupnya. Berkat rutin ber-yoga, ia mengaku tak pernah sakit sehingga belum pernah ke rumah sakit atau minum obat apapun.

Nanammal (odditycentral.com)

"Saya tidak pernah berhenti berlatih yoga kapan pun dalam hidup saya. Itulah rahasia kesehatan saya," kata Nanammal.

Meski usianya telah senja, tubuh nenek itu terlihat cukup sehat dan mampu beraktivitas tanpa perlu menggunakan alat bantu bergerak. Setiap harinya, dia bahkan mengajar 100 siswa yang terdiri dari anak-anak usia enam tahun hingga perempuan berumur 60an - 70an untuk beberapa kelas di rumahnya di Coimbatore, India.

Selain melatih berbagai gerakan yoga, dia juga mengajak siswanya untuk terbiasa mengkonsumsi makanan sehat.

Selama menjadi instruktur yoga, nenek Nanammal telah memenangkan banyak medali emas dan berbagai piala dalam kompetisi yoga di India.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini