Sukses

Aksi Heroik Penyelamatan Pernikahan Dini Bocah 5 dan 9 Tahun

Petugas sempat bersitegang dengan kedua orang tua mempelai saat mencoba menghentikan upacara tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Aksi penyelamatan pernikahan dini antara bocah perempuan berusia lima tahun dan bocah laki-laki berusia sembilan tahun berjalan sengit. Petugas dari Departemen Kesejahteraan Anak India sempat bersitegang dengan kedua orang tua mempelai saat mencoba menghentikan upacara pernikahan tersebut.

Perkawinan di bawah umur itu dilakukan sebagai bagian dari ritual keselamatan. Sebelumnya, seorang kerabat dari salah satu orang tua si anak meninggal dunia. Menurut keyakinan mereka, hal tersebut akan mendatangkan kesialan sampai dilakukan peristiwa bahagia di rumah itu.

"Sesuai kebiasaan mereka, tidak ada keluarga yang akan memasuki rumah mereka setelah kematian seorang anggota keluarga, kecuali jika mereka melakukan 'acara yang menguntungkan' dan merayakannya," terang Aktivis Hak-Hak Anak, Archyuta Rao dari Badan Amal Hakkula Sangham seperti dikutip dari NDTV.

Rekaman yang beredar menunjukkan petugas yang berusaha menghentikan upacara tersebut dan membawa bocah yang menangis ke perlindungan Departemen Kesejahteraan Anak. Penyerbuan itu terjadi setelah Badan Amal Anak-Anak di India meningkatkan tekanan pada pemerintah untuk menghentikan perkawinan anak-anak.

Menurut para aktivis, 25 kasus anak di bawah umur yang diselamatkan dari perkawinan dini dilaporkan terjadi pada tahun 2016 di Hyderabad saja. Sementara masih banyak lagi kasus yang tidak dilaporkan.

Kedua orang tua anak tersebut akhirnya ditangkap untuk dimintai keterangan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.