Sukses

Terungkap Siapa Sosok Penemu Nama Indonesia

Sejarah nama Indonesia ditemukan oleh James Richardson Logan dan George Samuel Windson Earl.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia berdiri menjadi sebuah negara melalui rentetan sejarah yang begitu panjang. Meski telah 71 tahun merdeka, ternyata masih banyak misteri dan sejarah yang belum terungkap ataupun hanya diketahui segelintir orang.

Sejarah nama Indonesia ditemukan oleh James Richardson Logan dan George Samuel Windson Earl. Saat itu Earl mengusulkan nama Indonesia dalam tulisannya berjudul "Journal of The Indian Archipelago and Eastern Asia" volume IV tahun 1850.

Sebelum bernama Indonesia, Earl memilih nama Malayunesia karena sangat tepat untuk ras melayu. Namun, Logan memilih untuk memakai nama Indunesia karena nama itu lebih sinonim untuk Indian Island atau Indian Archipelago.

Foto: pixabay.com

Akhirnya nama Indunesia dipilih untuk menamai negara yang diapit benua Asia dan benua Australia tersebut. Namun, huruf 'U' diganti huruf 'O' sehingga menjadi Indonesia.

Nama Indonesia berasal dari bahasa Yunani, 'Indo' dan 'Nesie' yang artinya kepulauan Hindia. Segelintir orang malah mengenal Indonesia dengan sebutan Nusantara. Kata Nusantara berasal dari bahasa Jawa Kuno, yaitu nusa yang berarti pulau dan antara yang berarti hubungan. Jadi Nusantara adalah rangkaian pulau-pulau.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.