Sukses

26 Tahun, Pasangan Ini Ubah Lahan Kritis Jadi Hutan Menghijau

Pasangan ini telah berjuang selama 26 tahun untuk mengubah lahan kritis menjadi hutan yang menghijau.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Kodagu di India Selatan dahulunya menderita deforestasi ekstrem. Wilayah ini mengalami penurunan wilayah hutan yang dramatis, dari 86 persen di tahun 1970-an menjadi 16 persen hingga hari ini.

Deforestasi tersebut memiliki dampak buruk pada pola curah hujan dan persediaan air. Tidak hanya di Kodagu, tapi di seluruh selatan India.

Akan tetapi, Pamela Gale Malhotra dan suaminya, Anil Malhotra, memutuskan untuk tetap berjuang. Pasangan tersebut mendirikan SAI Sanctuary pada 1991.

"Ketika kami pertama kali datang ke sini, sebagian besar tanah yang dijual kepada kami hanyalah lahan gersang," kata Pamela seperti dilansir dari Bored Panda.

Sejak saat itu, mereka telah menanam kembali pohon dan memperluas lahan kritis tersebut. Kini, tempat tersebut telah menghijau dengan luas lebih dari 300 hektare.

Kawasan ini merupakan rumah bagi lebih dari 200 spesies yang terancam punah, termasuk gajah Asia dan harimau Bengal. Pamela mengaku butuh banyak perawatan, energi, dan waktu untuk mengembalikannya menjadi lahan hijau kembali.

"Saya tidak pernah merasakan kegembiraan semacam ini dalam hal apa pun yang telah saya lakukan di dalam hidup," tutup dia.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.