Sukses

Gelisah dan Tak Tertarik Sosialisasi, Tanda Kecanduan Internet

Terlepas dari manfaatnya, sadar atau tidak disadari, internet telah menjadi semacam candu yang sulit dihilangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Internet merupakan sebuah teknologi yang bisa dibilang telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia modern. Internet juga mampu menghubungkan seluruh manusia di belahan Bumi mana pun agar bisa saling bertukar informasi. Berkat kehadiran internet, kita bisa menikmati banyak hal mulai dari video call, telepon, streaming, membaca berita serta masih banyak lagi.

Terlepas dari manfaatnya, sadar atau tidak disadari, internet telah menjadi semacam candu yang sulit dihilangkan. Bisa dibilang banyak sekali orang yang mengalami kecanduan internet tanpa mereka sadari.

Berikut beberapa hal yang menunjukkan jika kalian kecanduan internet.

1. Merasa lebih senang ketika di depan komputer sambil internetan

Jika kalian merasa sering sekali duduk di depan komputer sambil internetan dan sering senyum-senyum sendiri atau merasa lebih tenang dan senang ketika sedang internetan, hal tersebut merupakan tanda awal kalau kalian sedang kecanduan internet.

2. Tidak tetarik dengan kegiatan lain

Ini adalah tanda yang paling sering terlihat dan mungkin banyak sekali orang yang memperlihatkan tanda ini. Jika yang kalian lakukan setiap hari adalah internetan dan tidak pernah bergaul di luar rumah, selalu saja menolak ajakan beraktivitas di luar dengan berbagai alasan atau bahkan enggan keluar dari kamar kalian (tempat komputer kalian berada), berarti tingkat kecanduan internet kalian sudah cukup parah.

3. Gelisah jika internet mati atau paket data habis

Kebanyakan pengguna internet di Indonesia mengandalkan paket data untuk memenuhi kebutuhan internet. Nah, pernahkah kalian merasa bingung atau gelisah ketika paket data kalian tiba-tiba habis atau mungkin gelisah saat jaringan seluler kalian tiba-tiba bermasalah? Jika iya, itu berarti kalian memang benar-benar kecanduan internet.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.