Sukses

Jangan Cuci Papan Potong dengan Air Bersih, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Papan potong merupakan salah satu benda tak terpisahkan dari dapur ibu rumah tangga. Benda ini digunakan untuk memotong daging mentah, sayuran, rempah-rempah, ikan, dan lainnya.

Dengan penggunaannya yang begitu kompleks, tak heran tingkat kebersihan papan potong seringkali menjadi perdebatan. Sebuah penelitian melaporkan permukaan papan potong memiliki bakteri 200 persen lebih banyak daripada rata-rata toilet.

Sebagian besar dari kita akan mencuci papan potong dengan cara yang sering digunakan untuk mencuci peralatan dapur lainnya, yaitu air panas, air mengalir, atau cairan pembersih lainnya. Sayangnya, ini merupakan kesalahan besar.

Menurut Sarah dari Expert Home Tips, saat mencuci papan potong dengan air bersih, ia tidak memberikan efek apapun. Cairan biasa dan sabun, tidak bisa menembus permukaan papan potong sehingga butuh sesuatu yang lebih kuat.

"Rendam papan potong dengan pemutih setiap habis digunakan. Cara ini akan memastikan ia steril dan mencegah risiko transfer bateri," kata dia.

Bakteri berbahaya dapat menempel pada papan potong dan membuat Anda sakit. Setelah dibersihkan dengan pemutih, baru gunakan air bersih mengalir untuk membersihkan sisa pemutih.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Baju Menyusut Setelah Dicuci? Ini Solusinya!
Artikel Selanjutnya
Kesulitan Air, Warga di Sini Cuci Mobil dengan Mesin Portabel