Sukses

7 Tips Jitu Mengatur THR ala Traveler Milenial

Supaya tidak bingung atur THR kamu, ikuti tujuh tips atur THR ala traveler milineal ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kira-kira uang tunjangan hari raya (THR) kamu bakal dialokasikan ke mana saja? Dapat uang THR memang bikin bingung. Tak punya uang bingung, punya banyak uang juga bingung.

Buat kamu yang punya rencana ke luar negeri tahun ini, saatnya menyisihkan 30 persen uang THR kamu demi tabungan traveling, sisanya baru diatur untuk keperluan lain. Tabungan buat traveling itu sangat penting buat kamu milenial yang kekinian. Kapan lagi dapat rejeki lebih selain dari THR dan bonus?

Supaya tidak bingung atur THR, ikuti tujuh tips atur THR ala traveler milineal. Dijamin kamu bisa traveling hingga ke luar negeri.

1. Mana kebutuhan mana keinginan

Jangan tergoda upgrade gadget atau beli baju baru. Boleh beli pakaian khusus untuk salat Idul Fitri saja, karena diutamakan untuk mengenakan pakaian terbaik pada hari raya. Sebetulnya tak perlu baju baru juga tidak apa-apa. Asalkan suci, bagus dan bersih saat dikenakan.

Penting banget jujur sama diri kamu sendiri, mana kebutuhan dan mana keinginan. Tahan dulu keinginan dan utamakan kebutuhan. Banyak-banyaklah berdoa saat ngemal di bulan Ramadan.

2. Zakat dan sedekah

Punya uang banyak jangan lupa sedekah. Apalagi sebagai umat muslim kamu punya kewajiban untuk berzakat sebagai salah satu rukun Islam yang harus dijalani. Tak cukup hanya zakat, harta kamu akan bersih dengan sedekah, infak dan wakaf. Masing-masing punya manfaat dan fungsi yang berbeda.

Namun, yang wajib sebelum salat Idul Fitri adalah bayar tunai zakat fitrah kamu. Bisa dengan beras, tetapi lebih baik dengan uang tunai kepada pengelola masjid atau badan amil zakat yang sudah terverifikasi oleh negara maupun lembaga agama.

Mumpung masih ada THR, cek apa kamu masih punya utang sama tetangga, sahabat atau orangtua? Kalau ternyata masih ada, setelah zakat, yang wajib kamu bayarkan adalah utang kamu. Tak apa kamu enggak bisa mudik, asal hati kamu tenang karena utang kamu sudah bisa dilunasi. Pasti orang yang kasih utang ke kamu juga sudah berharap bisa mendapatkan uangnya kembali.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

 

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.

    THR