Sukses

4 Browser yang Lebih Canggih dari Chrome Ini Dipakai Hacker

Empat browser yang digunakan peretas ini menawarkan pilihan aman pada perlindungan privasi.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu jika informasi pribadi bisa menjadi ladang bisnis yang besar. Seharusnya kita mulai menyadari jika banyak pihak sedang mengawasi kita melalui internet. Baik itu dari NSA, penguasa dunia, Microsoft, peretas, atau mungkin orang terdekat yang terhubung dengan jaringan yang sama.

Jangan khawatir, karena ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk paling tidak mengurangi jejak informasi yang kita hasilkan. Salah satunya dengan mengganti dan menggunakan browser yang lebih aman.

Berikut empat browser yang digunakan peretas yang menawarkan pilihan aman pada perlindungan privasi. 

1. Tor Browser

Sejak pertama kali dibuat, jaringan Tor sudah menawarkan satu tujuan yang cukup sederhana tapi powerful, yakni koneksi aman. Jaringan ini bertujuan melindungi lokasi pengguna, menghapus riwayat browser, data pribadi, dan mencegah orang atau bot melakukan penyadapan pada lalu lintas jaringan.

Penyadapan pada lalu lintas jaringan bisa dibilang sebagai senjata paling ampuh dalam mengumpulkan data-data pengguna. Hal ini juga bisa digunakan melacak aktivitas dan minat seseorang dengan tujuan mendapatkan hasil iklan yang maksimal. Bahkan yang paling parah identitas dan informasi pribadi kita bisa dicuri dan disebarkan secara tidak bertanggung jawab.

Jika ingin mengakses jaringan Tor kita memerlukan menggunakan Tor browser. Bisa dipastikan ini sangat aman karena angkatan laut AS juga menggunakannya untuk mengumpulkan data intelijen dan agar tidak meninggalkan jejak apa pun seperti meninggalkan alamat IP pada log situs tertentu.

2. Epic Browser

Epic browser memang tidak menggunakan jaringan khusus seperti pada Tor. Tapi browser ini masih menawarkan cara paling aman untuk berselancar di internet. Browser ini memiliki fitur yakni tidak akan menyimpan riwayat apa pun dari penggunanya, tidak ada pengambilan informasi DNS, tidak mengijinkan cookies dari pihak ketiga, tidak ada cache web dan DNS, dan tidak ada fitur autofill.

Jadi, saat kita selesai mengakses internet dan menutup browser ini, maka secara otomatis segala basis data preferensi yang ada akan dihapus, selain itu cookies dari flash dan silverlight juga akan dibersihkan.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini