Sukses

7 Tips Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa tinggal menghitung hari umat muslim akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Momen ini memang sering dimanfaatkan banyak masyarakat Tanah Air untuk pulang ke kampung halaman mereka.

Mudik Lebaran memang jadi momen yang selalu dinanti, terlebih lagi bagi mereka yang tinggal dan mencari penghasilan di kota besar sehingga jauh dari keluarga.

Meski harus menempuh perjalanan yang macet dan merasakan kelelahan, banyak orang yang tetap memutuskan untuk mudik saat Lebaran. Sebab, rasa lelah dan letih seolah terbayarkan saat melihat keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Namun, bagaimana nasib rumah yang ditinggal mudik? Berikut tips agar rumah aman selama ditinggal mudik.

1. Pastikan jendela dan pintu terkunci rapat

Memastikan kembali semua bagian rumah terkunci rapat, khususnya akses masuk seperti pintu, jendela, dan pagar tertutup rapat. Tak hanya harus tertutup rapat, kamu juga bisa menambahkannya dengan gembok agar lebih aman.

2. Cabut aliran gas dan listrik yang tidak perlu

Bukan hanya pencurian saja yang menghantui rumah kosong, tetapi kebakaran yang berasal dari barang-barang (terutama barang elektronik) dapat menyebabkan arus pendek dan membakar seluruh isi rumah.

Jadi, matikan semua aliran listrik alat-alat elektronik, seperti komputer, televisi, radio, pompa air, dispenser, AC, dan alat elektronik lainnya yang dapat menimbulkan korsleting yang menjadi salah satu pemicu kebakaran.

3. Hentikan pengiriman barang, surat, dan Koran

Barang, surat, dan koran yang menumpuk akan membuat rumah kamu kelihatan tak berpenghuni dan memancing tindakan kejahatan.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Mudik Lebaran 2017 Aman, Wiranto Beri Jempol ke Aparat Keamanan
Artikel Selanjutnya
Hipertensi dan ISPA Banyak Dialami Pemudik