Sukses

6 Manfaat Liburan di Pantai Bagi Kesehatan, Seperti Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda menghabiskan waktu sepanjang hari di pantai dan pulang ke rumah dengan perasaan bebas dari stres? Semua setuju pantai memiliki efek menenangkan. Namun, menghabiskan waktu di pantai sesungguhnya benar-benar memiliki manfaat bagi kesehatan.

1. Mengurangi stres

Melangkahkan kaki di pasir pantai dan di bawah sinar matahari memberikan efek rileks pada tubuh. Bukan hanya serotonin yang langsung dilepaskan begitu sampai di pantai, namun suara dan lingkungan pantai mendatangkan kedamaian pada diri Anda.

Suara samudra bahkan memiliki efek emosional yang lebih dalam. Suara laut memicu kenangan mendalam dan perasaan santai, seperti mendengar detak jantung ibu.

2. Meningkatkan kreativitas

Menurut ilmuwan, bersantai di pantai dapat meningkatkan kreativitas. Dikelilingi oleh lingkungan berwarna biru memungkinkan Anda membersihkan pikiran dan memecahkan masalah dengan cara kreatif. Efeknya sama seperti meditasi.

3. Membantu mengurangi depresi

Pantai dapat memberikan kelegaan pada depresi dan kegelisahan yang Anda miliki. Saat Anda melihat ke arah laut, Anda akan merasa sangat kecil. Ini bermanfaat bagi kesehatan mental dan menjadi alasan mengapa membayangkan lautan amat sering dilakukan dalam latihan relaksasi.

1 dari 2 halaman

Udara pantai sangat baik untuk tubuh

4. Udara pantai sangat baik untuk tubuh

Udara di pantai sangat jauh dari ion negatif. Hal ini tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tapi juga membantu menyeimbangkan kadar serotonin. Efeknya mood Anda terasa lebih baik, tingkat stres berkurang, dan tidur lebih nyenyak.

5. Bagus untuk kulit

Pasir pantai merupakan exfoliator alami. Ini seperti scrub alami yang membersihkan kulit mati dan membuat kulit bernapas. Sinar matahari di pantai juga bagus untuk psoriasis.

Selain itu, garam dan kalium klorida dalam air laut juga membantu penyembuhan ruam kulit serta memberikan nutrisi pada kulit.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sinar matahari dapat mengandung vitamin D yang membantu mencegah penyakit autoimun. Air laut juga mengandung mineral dan senyawa lain yang meningkatkan kekebalan tubuh dan membersihkan tubuh dari racun.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
6 Kolam Renang Alami Terbaik yang Ada di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga