Sukses

Intip Siapa Saja yang Mencuri Wi-Fi Kamu

Liputan6.com, Jakarta - Di antara kita pasti sering penasaran apakah ada yang menggunakan Wi-Fi kita secara diam-diam atau tidak, karena kecepatan Wi-Fi menjadi sering lambat. Ini juga bisa karena internet provider Indonesia yang memang lemot. Namun, terlepas dari itu, kemungkinan ada yang menggunakan Wi-Fi tanpa seizin kita juga bisa terjadi.

Kemungkinan terburuk bisa saja ada seseorang yang sengaja memperlambat jaringan kita atau ingin mengintip apa yang sedang kita lakukan secara online atau mencuri file di komputer. Maka, kita perlu memeriksanya sendiri apakah ada perangkat asing yang terhubung ke Wi-Fi kita selama ini. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

1. Cek halaman admin router

Salah satu cara terbaik untuk melihat perangkat apa yang terhubung ke jaringan kita adalah melalui halaman admin router. Kita bisa memulai dengan memeriksa terlebih dahulu daftar client-DHCP-nya.

Nanti akan tampil perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan Wi-Fi. Bagaimana cara masuk halaman admin router? Kita bisa melihat informasi akun administrator melalui buku petunjuk manual yang disediakan di dalam kotak dus router. Gunakan akun tersebut untuk mengakses halaman admin router.

2. Gunakan aplikasi untuk memindai jaringan

Jika kalian enggak mau repot dengan masuk ke halaman administrasi router, maka kalian bisa mengunduh aplikasi khusus untuk memindai jaringan. Ada beberapa pilihan aplikasi untuk melihat perangkat apa saja yang terhubung ke Wi-Fi. Biasanya pabrikan router memiliki aplikasi mereka sendiri. Seperti Netgear’s Genie, Linkys Connect, atau Apple’s AirPort, dan lainnya.

3. Buat daftar siapa saja yang menggunakan Wi-Fi

Setelah kita selesai mengidentifikasi semua perangkat yang terhubung, maka langkah selanjutnya adalah membuat daftar perangkat apa saja yang mengakses jaringan kita. Selanjutnya menganalisis apakah ada sesuatu mencurigakan yang terjadi pada jaringan.

Seharusnya router memiliki akses untuk melihat daftar perangkat apa saja yang terhubung disertai dengan informasi seperti nama perangkat, MAC Address dan alamat IP-nya. Catat semua perangkat yang terhubung dan identifikasi apakah ada yang mencurigakan atau tidak.

Jika bingung mengidentifikasi nama dan jenis perangkat, kita bisa mematikan terlebih dahulu semua perangkat yang terhubung, kemudian kita akan tahu perangkat mana yang statusnya masih hidup. Jika masih ada perangkat asing yang terhubung, maka kita perlu melakukan pengecekan apakah perangkat tersebut sedang mencoba memperlambat jaringan kita atau melakukan aktivitas lain yang membahayakan.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.