Sukses

6 Trik Restoran agar Untung Banyak yang Tak Disadari Pelanggan

Jika Anda makan di restoran mahal, Anda akan sering menjumpai pelayan restoran yang buru-buru menyingkirkan piring kotor di meja.

Liputan6.com, Jakarta Restoran punya misi di mana Anda sebagai pelanggan tidak hanya datang ke tempat mereka lagi, tetapi juga bagaimana mereka mendapatkan untung yang besar. Situs gaya hidup Bright Side, melakukan pengamatan dengan mengunjungi restoran-restoran mahal di Eropa.

Situs gaya hidup itu mengamati trik-trik yang dilakukan restoran di Eropa yang juga umum dilakukan restoran di berbagai penjuru dunia agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Berikut beberapa trik yang dilakukan restoran agar untung besar yang tidak begitu disadari pelanggan.

1. Menyingkirkan piring kotor

Jika Anda makan di restoran mahal, Anda akan sering menjumpai pelayan restoran yang buru-buru menyingkirkan piring kotor di meja. Tentu saja, selain membuat para pelanggan kerasan duduk di meja, trik ini juga dimaksudkan agar pelanggan tidak menyadari ia telah memesan terlalu banyak makanan.

Jika ada piring kotor menumpuk di meja, pelanggan akan cepat pergi dan kemungkinan untuk memesan menu lagi sangatlah kecil.

2. Musik

Penelitian menyebutkan, restoran dengan musik klasik membuat pelanggan memesan 10 persen lebih banyak ketimbang restoran tak bermusik. Musik membuat kepercayaan diri pelanggan meningkat. Dengan mendengarkan musik di restoran, pelanggan akan merasa lebih kaya dan gengsi jika hanya memesan sedikit menu.

3. Wewangian

Aroma sangat memengaruhi pikiran kita. Bahkan ketika kita punya gagasan ketat untuk irit, aroma mungkin bisa menghancurkan rencana itu.

Penelitian mengungkapkan, restoran yang menggunakan aroma vanila dan kayu manis meningkatkan penjualan makanan pencuci mulut. Aroma lavender akan membuat para tamu rileks, tidak tergesa-gesa, dan akhirnya memesan banyak menu.

4. Penawaran ekstra

Entah Anda memperhatikan atau tidak, jika Anda memesan menu yang mempunyai variasi ukuran, pelayan akan mencoba menawarkan ukuran yang lebih besar atau lebih banyak yang tentu saja punya harga lebih mahal. Mereka sedang memanfaatkan alam bawah sadar pelanggan dan berharap pelanggan mengangguk atas tawaran itu.

Padahal jika Anda menyadari bahwa Anda telah menyetujui tawaran yang sebenarnya tidak ada dalam pikiran Anda, maka itu sudah terlambat. Porsi ganda atau porsi besar, sebenarnya punya jumlah lebih sedikit dari dua porsi kecil yang digabungkan. Tentu saja itu trik untuk meningkatkan pendapatan.

5. Manipulasi kembalian

Trik yang satu ini umumnya dilakukan pelayan dan tak banyak diketahui pemilik restoran. Pelayan punya trik sendiri untuk mendapatkan tips lebih besar. Pelayan memberikan kembalian tagihan berupa uang koin. Mereka berharap Anda tidak menyentuh kembalian itu. Trik ini dikenal sebagai trik murahan yang lazim terjadi di restoran mahal dengan tamu-tamu yang banyak uang.

6. Kenaikan harga 10 persen

Trik yang satu ini termasuk trik kotor yang lazim diterapkan restoran-restoran mahal. Mereka tahu, kebanyakan pelanggannya yang berduit, tidak akan keberatan jika harus membayar 7-10% lebih banyak dari yang direncanakan. Kenaikan harga ini biasanya terjadi pada menu-menu tambahan, seperti saus pada makanan cepat saji.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini