Sukses

6 Hal Keren yang Bisa Dilakukan dengan Flashdisk Rusak

Liputan6.com, Jakarta - Flashdisk memang menjadi salah satu perangkat tambahan komputer yang sering kita gunakan untuk menyimpan dan melakukan transfer data dari satu komputer atau laptop ke komputer atau laptop lainnya. Ukuran yang praktis dan kapasitas yang cukup besar untuk menampung sejumlah file membuat flashdisk sangat laku di pasaran.

Namun, selain sebagai media penyimpanan dan transfer data, flashdisk juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal keren, mulai dari menjalankan aplikasi, sebagai media perlindungan komputer kalian dari penyusup, pemusnah virus, dan sebagainya.

Nah, apa saja hal-hal keren yang bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan flashdisk yang sedang menganggur? Berikut ulasannya.

1. Instal Linux

Memanfaatkan flashdisk sebagai media instalasi sistem operasi Linux. Kenapa harus Linux? Linux merupakan salah satu sistem operasi terbaik yang cocok sekali kalian gunakan jika ingin mahir dalam hal jaringan komputer dan hacking.

2. Menjalankan Aplikasi Portabel

Menjalankan sejumlah aplikasi portabel yang sewaktu-waktu kamu butuhkan, misalnya aplikasi OpenOffice Portable di komputer teman kalian ketika kamu tiba-tiba mendapat tugas makalah dan laporan.

3. Mengunci Komputer Kalian

Tidak hanya sebagai media instal Linux atau menjalankan aplikasi, kamu juga bisa memanfaatkan flashdisk sebagai media pengunci komputer. Jadi, ketika sedang menyalakan komputer dan ada orang lain yang hendak menggunakan komputer kamu tanpa izin, maka orang tersebut tidak akan bisa membobol komputer kamu.

Itu karena satu-satunya kunci yang bisa membuka komputer kamu hanyalah flashdisk kamu. Tentu saja, untuk melakukan hal ini kalian memerlukan aplikasi pengunci komputer seperti Predator.

4. Jadikan Sebagai Rescue Disk

Menjadi penyelamat komputer dari ancaman virus. Caranya dengan menjadikan flashdisk kalian sebagai rescue disk, tentunya dengan memanfaatkan sejumlah software seperti Kaspersky Rescue Disk.

Rescue disk di sini akan berfungsi layaknya antivirus yaitu untuk membersihkan virus yang ada pada komputer kamu. Namun, dengan kondisi yang berbeda. Jika antivirus akan membersihkan virus di komputer kamu pada kondisi normal, maka rescue disk akan menjadi penyelamat jika kamu tidak bisa mengakses desktop Windows kalian karena masalah virus.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Begini Cara Instalasi Audio Mobil yang Aman
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya