Sukses

Bulan Terbesar di Saturnus Bisa Jadi Rumah Kedua Manusia

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian menunjukkan, salah satu bulan milik Saturnus, Titan, memiliki energi yang cukup untuk menampung 300 juta umat manusia. Bulan yang memiliki karakteristik seperti Bumi ini diharapkan dapat menjadi planet baru yang dapat dihuni manusia.

"Saya pikir dalam jangka panjang, setelah Mars, Titan mungkin adalah tempat paling penting berikutnya yang akan dapat dihuni manusia," ujar ilmuwan dari Universitas Johns Hopkins seperti melansir dari New Scientist.

Periset percaya bahwa pendatang pertama dapat menggunakan radioaktif di planet itu untuk menciptakan tenaga nuklir dan kemudian menggunakan danau yang berisi hidrokarbon untuk menghasilkan tenaga.

Saturnus juga menciptakan pasang surut yang kuat di Titan. Hal ini berarti tenaga dari angin dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dengan turbin.

Selain Bumi, Titan adalah satu-satunya tempat di tata surya yang diketahui memiliki sungai, curah hujan, dan laut, bahkan mungkin air terjun. Dengan atmosfernya yang kental dan kaya akan kimia organik, Titan menyerupai versi beku dari Bumi beberapa miliar tahun yang lalu, sebelum kehidupan memompa oksigen ke atmosfer Bumi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
665 Hari di Luar Angkasa, Astronot 57 Tahun Ini Kembali ke Bumi
Artikel Selanjutnya
Astronom: 3 dari 7 Planet Mirip Bumi Punya Kandungan Air