Sukses

Pria Nekat Buka Pintu Pesawat Saat di Udara, Apa Tujuannya?

Jika pintu terbuka dalam keadaan mengudara pesawat akan mengalami dikompresi, yakni hilangnya tekana dalam kabin secara bertagap.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria India membuat keributan di dalam sebuah penerbangan maskapai AirAsia pada Senin lalu. Penumpang nekat itu, mencoba membuka pintu darurat saat pesawat masih mengudara. Akibatnya seisi penumpang histeris.

Para awak kabin yang bertugas dilaporkan terluka karena berusaha menghentikan tindakan nekat Aftab Ahmed, penumpang yang hendak membuka pintu darurat pesawat. Tindakan berbahaya yang dilakukan Ahmed terjadi ketika pesawat bersiap mendarat di Bandara Birsa Munda.

Juru AirAsia mengonfirmasi bahwa Ahmed menaiki pesawat dari New Delhi dengan tujuan Ranchi. "AirAsia ingin mengonfirmasi bahwa penumpang berinisial A itu terbang dari Delhi ke Ranchi pada tanggal 10 Juli," kata perwakilan AirAsia.

Tindakan Ahmed tentu saja sangat membahayakan nyawa penumpang pesawat. Jika pintu terbuka dalam keadaan mengudara pesawat akan mengalami dikompresi, yakni hilangnya tekanan dalam kabin secara bertagap.

Saat ini Ahmed telah diserahkan ke Central India Scurity Force (CISF) di Ranchi, guna penyelidikan lebih lanjut. Dari penyelidikan yang dilakukan, motivasi membuka pintu lantaran Ahmed kecewa dengan peraturan baru di India yang akan membuat daftar penumpang yang dilarang terbang.

Kementerian Penerbangan Sipil India rencananya akan menerbitkan aturan yang melarang tiga jenis penumpang, yakni penumpang nakal dengan klasifikasi penumpang cabul dan pelecehan seksual, merusak, dan penganiayaan. Ketiga jenis penumpang itu akan dikenai sanksi larangan terbang seumur hidup.



(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.