Sukses

11 Manfaat Makan Sebutir Telur Setiap Hari Saat Sarapan

Liputan6.com, Jakarta - Telur adalah sumber protein dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam satu butir telur berukuran besar mengandung sebanyak 70 kalori dan kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu menstabilkan level dan struktur gula darah dalam tubuh.

Telur juga menyediakan semua asam amino yang diperlukan tubuh dan kaya akan zat besi. Tubuh kita menghasilkan setidaknya 11 asam lemak esensial agar bekerja dengan baik dan sempurna.

Dalam hal ini, telur mengandung lebih dari 9 asam lemak yang juga sama diperlukan oleh tubuh. Bahkan telur juga bisa menjadi alternatif diet bagi Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan sehat.

Mengganti menu sarapan dengan sebutir telur (berukuran besar) ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, termasuk di antaranya:

1. Perut Kenyang Lebih Lama

Kandungan protein dan lemak yang terdapat pada telur akan menjaga tingkat energi tetap stabil dan juga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan ini, Anda akan terhindar dari keinginan untuk ngemil dan akhirnya bisa makan lebih sedikit.

2. Sumber Protein

Semua yang ada dalam telur dianggap sebagai sumber protein terlengkap. Selain itu juga, telur mengandung semua asam amino esensial yang biasanya kita dapatkan dari sumber makanan sehari-hari.

3. Menurunkan Berat Badan

Telur mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa menjadi alternatif menu sarapan yang sempurna. Keinginan untuk ngemil dapat dikurangi, nafsu makan dapat dikontrol, dan akhirnya risiko untuk makan secara berlebihan juga diturunkan.

Studi membuktikan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan akan mengonsumsi lebih banyak sisa-sisa kalori sepanjang hari itu, sehingga manfaatnya dapat membantu menurunkan berat badan.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Kurus seperti Jokowi? Berikut 5 Cara Sehat Tambah Berat Badan
Artikel Selanjutnya
Hindari Melakukan 3 Hal Ini Sehabis Makan