Sukses

6 Jurusan Ini Lulusan Ceweknya Dibayar Lebih Tinggi Saat Kerja

Di lingkungan kerja jurusan dan bidang berikut ini, wanita biasanya justru dibayar lebih tinggi ketimbang pria.

Liputan6.com, Jakarta - Perbedaan jenis kelamin kerap kali memengaruhi hampir setiap interaksi dalam kehidupan kita sehari-hari. Bila dilihat secara statistik dan data, terdapat perbedaan penghasilan di beberapa bidang antara pria dan wanita.

Ketidakadilan seperti ini masih kerap dijumpai. Seringkali pria dibayar lebih tinggi ketimbang wanita di posisi yang sama.

Namun, bila Anda terlalu lelah untuk mengajukan protes, ada baiknya Anda memperhatikan bidang-bidang yang memang lebih lekat dengan image wanita.

Melansir dari Womensarticle,di lingkungan kerja tersebut, wanita biasanya justru dibayar lebih tinggi ketimbang pria.

1. Bidang kecantikan

Selama ribuan tahun, bidang yang satu ini dipegang oleh wanita. Karena kebiasaan dan peran gender, wanita dianggap lebih ahli dalam bidang kecantikan.

Hal ini berdampak pada jumlah wanita yang lebih banyak bekerja di bidang kecantikan, perawatan kulit dan rambut ketimbang pria. Selain itu, lebih banyak wanita yang merasa nyaman bila menggunakan jasa wanita lain untuk kebutuhan penampilan mereka.

Memang, kini makin banyak pria yang turut berkecimpung di bidang ini. Namun tetap saja, jumlah pekerja wanita lebih banyak.

2. Bidang Sumber Daya Manusia (HRD)

Perempuan cenderung memegang posisi lebih tinggi di bidang ini, setidaknya posisi vice president atau manajerial dapat dicapai oleh perempuan di bidang ini. Pria cenderung menghindar dari bidang ini karena butuh toleransi dan pemahaman dalam menghadapi berbagai jenis kepribadian.

Perempuan juga lebih terorganisir secara alami dibanding pria. Ini membuat mereka cepat maju di bidang HR sementara pria lebih suka di departemen lain yang butuh berpikir kritis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bidang Pendidikan

3. Bidang pendidikan

Pendidik dan pengajar perempuan lebih banyak dihasilkan ketimbang pria. Mungkin ini karena bidang pendidikan dipelopori dan perannya dipegang secara tradisi oleh wanita.

Karakteristik wanita yang lebih asuh dibanding pria, membuat mereka lebih berkembang di bidang ini. Terlebih, seringkali wanita lebih sabar dalam menghadapi para siswa sehingga mengarah pada kemajuan karier mereka.

 

4. Bidang nutrisi

Studi tentang nutrisi relatif baru, namun telah didominasi oleh wanita. Hal ini dapat dikaitkan dengan kenyataan bahwa wanita secara tradisional dipandang sebagai kepala kesehatan di rumah tangga.

Mempelajari bidang ini dapat menjadi persiapan untuk keluarga di masa depan. Pria mungkin masih bisa berhasil berkarier menjadi ahli gizi, namun perempuan punya bakal alami untuk mengetahui apa yang sehat dan apa yang tidak.

3 dari 3 halaman

5. Bidang terapi okupasional atau terapis

5. Bidang terapi okupasional atau terapis

Terapi adalah bidang yang tumbuh dan menguntungkan. Gelar ini biasanya membutuhkan gelar master tambahan dan juga pelatihan ekstensif.

Terapis bekerja dengan merehabilitasi dan memperbaiki luka atau cacat lewat terapi khusus. Pekerjaan ini lebih sering diambil alih oleh para perempuan karena pribadi alami yang hangat dan suka merawat.

Kesabaran, ketekunan, dan empati dibutuhkan untuk bidang ini. Wanita melakukan pekerjaan yang lebih baik bila berhadapan dengan tekanan emosional dalam semua jenis terapi.

6. Bidang desain interior, seni rupa, dan fotografi

Gelar seni seperti desain interior, fotografi, atau sejarah seni dapat menjadi bidang yang baik dipilih oleh wanita. Hal ini karena mereka biasanya mata artistik dan jeli yang tidak dimiliki oleh laki-laki. Terlebih, wanita biasanya lebih menaruh perhatian pada detail.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.