Sukses

Usia 18 Hari, Bayi Ini Meninggal Setelah Dicium Orang Tak Dikenal

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti merasa gemas ketika melihat bayi, dan hal pertama yang akan mereka lakukan yaitu dengan mencium sang bayi. Meski ciuman itu manis, nyatanya tidak untuk bayi yang baru lahir.

Seorang perempuan berbagi pengalamannya bagaimana ciuman berakibat fatal untuk bayinya yang baru lahir. Bayi perempuannya yang berusia 18 hari meninggal dunia karena meningitis yang disebabkan oleh ciuman dari seorang tamu di hari pernikahan orang tuanya.

Mariana Reese Sifrit memang lahir lahir tepat pada momen pernikahan orang tua Nicole. Namun anehnya, tiba-tiba kesehatan putri kecilnya itu memburuk setelah pernikahan orang tuanya. Nicole yang khawatir dengan kondisi buah hatinya itu segera membawanya ke rumah sakit.

Dokter mengatakan bahwa Mariana menderita virus herpes simpleks. Nicole dan suaminya percaya bahwa virus HSV-1 tertular dari teman atau saudara yang menyentuh atau mencium bayi mereka.

Mariana Reese Sifrit (elitereaders.com)

Seperti diberitakan Elitereaders, Jumat (21/7/2017), virus HSV-1 kemungkinan ditularkan melalui ciuman seseorang yang flu atau demam. Bagi orang dewasa, penyakit ini mungkin bersifat kecil dan mudah diobati. Namun untuk bayi yang baru lahir, dengan sistem kekebalan tubuh terbelakang, virus ini mematikan.

Mariana sebelumnya lahir dalam kondisi sehat. Namun, dia harus kembali dibawa ke rumah sakit karena terkena iinfeksi. Bayi mungil itu mengalami pendarahan internal, hatinya gagal dan darahnya tidak menggumpal sehingga harus menjalani perawatan intensif.

"Saya tidak pernah menyangka jika ini akan terjadi pada kita. Kami berharap untuk membawa kesadaran kepada orangtua bayi yang baru lahir untuk berhati-hati terhadap siapa yang mengunjungi bayi kamu, yang memegang atau menyentuh mereka. Dan yang penting jangan biarkan orang lain mencium bayi kamu," kata Nicole.

Bayi yang baru lahir memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah dan tidak bisa melawan bakteri sederhana sekalipun. Hal yang perlu orangtua lakukan adalah selalu mengawasi bayi kamu dan pastikan setiap orang yang menyentuh dia menggunakan desinfektan seperti alkohol terlebih dahulu. Yang paling penting, jangan biarkan siapa pun mencium bibir bayi kamu.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini