Sukses

Yuk, Saksikan 6 Festival Budaya Indonesia Bertaraf Internasional

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu kalau di Agustus 2017, ini ada banyak rangkaian festival Nusantara yang seru dan wajib untuk dikunjungi. Selain menghibur, acara-acara tersebut tentu dapat membuat kamu lebih terbuka matanya dan semakin tahu betapa kayanya budaya Indonesia.

Berbagai festival Nusantara tersebut menyajikan serangkaian pertunjukan seni seperti tari, musik, teatrikal, pesta tradisional, ritual adat, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang sudah nggak sabar untuk segera berangkat liburan keliling Indonesia dan menyaksikan sendiri berbagai rangkaian acara keren di bulan Agustus 2017, berikut ini daftarnya.

1. Festival Lembah Baliem

Acara keren di Agustus ini ternyata sudah terkenal hingga ke mancanegara lho. Festival Lembah Baliem diselenggarakan di lembah Pegunungan Jayawijaya, Papua. Alasan mengapa acara tahunan ini dinanti oleh traveler dunia adalah karena mereka bisa melihat langsung bagaimana kehidupan para penduduk lokal yang masih menjunjung tinggi adat dan tradisi yang berlaku.

Saat berada di sana, kamu bisa melihat pesta seni yang dimeriahkan oleh suku-suku asli Papua, diantaranya Suku Lani, Suku Yali, hingga Suku Dani. Mereka akan melakukan kegiatan peradat antarsuku sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan.

Berbagai pertunjukan tradisional lain juga bisa kamu nikmati selama berada di acara yang berlangsung mulai 8 sampai dengan 11 Agustus 2017. Ketika berada di sana, dijamin perasaan cinta Tanah Air di dalam diri kamu akan semakin bertambah deh.

2. Dieng Culture Festival

Acara satu ini juga ditunggu oleh banyak traveler. Acara tahunan di Dieng, Wonosobo tersebut nggak cuma menawarkan kepada kamu sisi keindahan panorama alamnya. Kamu juga bisa melihat bagaimana budaya dan kehidupan masyarakat yang tinggal di sana. Acara ini dilaksanakan pada 4 sampai 6 Agustus 2017.

Daya tarik utama yang ditawarkan festival budaya ini adalah ruwatan anak gimbal. Ketika melihat seluruh rangkaian prosesi adat, kamu pasti akan menyadari betapa kayanya tradisi lokal yang ada di Indonesia. Selain upacara tersebut, traveler pun bisa menyaksikan acara hiburan lain seperti pentas seni budaya, pertunjukan wayang kulit, konser musik jazz, serta pesta lampion dan kembang api.

3. Jember Fashion Carnaval

Para penggemar fashion tentu sudah nggak sabar menanti acara keren di Agustus ini. Pagelaran mode tahunan ini akan melibatkan ribuan peserta karnaval lho. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semuanya berpartisipasi memamerkan karya dan rancangan busana mereka ke khalayak umum di jalan utama, pusat kota Jember.

Pada 2017 ini, tema yang diusung acara Jember Fashion Carnaval adalah Victory. Alasannya karena pengelola acara ingin menunjukan perjalanan dan prestasi JFC yang sudah masuk level dunia. Kamu tentu nggak ingin melewatkan kesempatan menyaksikan sendiri keseruan karnaval tersebut kan? *

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Mencicip Kuliner Warisan Nusantara di Festival Kuliner Surabaya
Artikel Selanjutnya
Kemenpar Dukung Pasa Harau, Festival Budaya Sumatera Barat