Sukses

Inspiratif, Indra Sukses Olah Sampah Sungai Citarum Jadi Berkah

Seorang pria sukses menciptakan peluang usaha dengan memanfaatkan limbah Sungai Citarum.

Liputan6.com, Jakarta - Sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat, zaman dulu sangat memengaruhi kehidupan masyarakat di sekitar. Mulai dari memenuhi kebutuhan rumah tangga, irigasi pertanian, peternakan, dan industri. Namun seiring dengan perkembangan zaman, air Sungai Citarum mulai tercemar limbah pabrik dan rumah tangga yang dibuang di sungai.

Dampak dari banyaknya sampah dan limbah tersebut mengakibatkan tumpukan sampah yang mengganggu aliran air. Sering kali, air sungai meluap dan terjadi banjir jika hujan lebat turun. Masalah yang ada di Sungai Citarum saat ini tak hanya kerusakan lingkungan, tapi juga masalah sosial ekonomi masyarakat yang berada di sekitar sungai.

Kondisi itu membuat Indra Dharmaguna, putra daerah sekitar Sungai Citarum, merasa tertantang untuk memecahkan masalah tersebut. Ia melihat tumpukan sampah hingga masyarakat di sekitar sungai yang kondisi sosial ekonominya tak menentu.

Indra lalu menemukan solusi, yaitu dengan memanfaatkan sampah-sampah tersebut serta memberdayakan orang-orang di sekitar Sungai Citarum. Tak diduga, dari tumpukan sampah itu, kini Indra mampu mempekerjakan masyarakat di sekitar sungai. Mereka diajak untuk mengolah sampah menjadi kerajinan yang mampu bersaing di pasaran dan berdampak pada sosial ekonomi mereka. 

Penulis:

Perwira Sakti

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.