Sukses

Kebakaran Ubah Benteng Misterius bak Duri di Tubuh Naga

Liputan6.com, Moskow - Benteng Zverev yang terletak di tepi Laut Baltik bagian Utara Kronstadt memiliki langit-langit melengkung yang unik. Benteng ini dibangun pada tahun 1860 oleh insinyur Konstantin Zverev untuk memperkuat wilayah utara Teluk Finlandia.

Benteng ini memiliki bentuk jamur dengan langit-langit melengkung. Hal ini merupakan desain baru bagi bangunan Konstantin Zverev. Zverev merupakan bangunan pertama di Rusia yang menerapkan aspal sebagai bahan bangunan, seperti lantai dengan larutan aspal alami.

Awal abad-20, benteng tersebut berubah fungsi menjadi gudang tambang laut dan tempat pembuangan amunisi hingga berakhirnya perang dunia ke-II. Pada tahun 1970, sebuah kebakaran melanda Benteng Zverev dan menghancurkan benteng tersebut. Ketika api sudah mereda, ruangan dalam benteng tersebut tak dapat dikenali sama sekali. Karena sebagian besar terbuat dari aspal, maka bagian atap terlihat meleleh dan menetes ke bawah seperti stalaktit dalam gua, seperti dalam duri di tubuh naga.

Akibat dari kebakaran tersebut justru menghasilkan sebuah keunikan dalam atapnya. Meski sisa-sisa kebakaran tahun 1970 masih dapat kita lihat, langit-langit seperti stalaktit dalam gua menjadi daya tarik tersendiri.

Novita Ayuningtyas

STMM "MMTC" Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6