Sukses

Ciptakan 18 Ribu Pantun, Gubernur Ini Pecahkan Rekor Dunia

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat awam, membuat pantun bukan perihal gampang. Itu karena, setiap kalimat dalam pantun harus seiring dan seirama. Makanya bagi yang tidak terbiasa, membuat satu pantun saja bisa menguras otak.

Namun, bagi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, menciptakan pantun sudah menjadi kebiasaan. Dia pun berhasil memecahkan rekor sebagai kepala daerah yang menciptakan pantun terbanyak versi Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

"Rekor ini bukan nasional, tetapi rekor dunia," ucap Andre dari perwakilam MURI, saat menyerahkan penghargaan di Padang, Minggu 20 Agustus 2017 kemarin seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan, jumlah pantun yang dibuat Irwan dan menjadi penilaian MURI berjumlah sekitar 18 ribu. Itu pun masih berpotensi bertambah.

Menurut Andre, MURI sudah mengecek kepala daerah lain yang mungkin juga pernah membuat banyak pantun. Salah satunya caranya dengan menanyakan ke Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia. Sesuai informasi yang diterima, Irwan Prayitno memang menjadi kepala daerah paling banyak membuat pantun.

Irwan Prayitno mengatakan, membudayakan pantun merupakan salah satu keinginannya dan sesuai juga dengan nilai-nilai budaya daerah.

"Kita berharap budaya ini bisa hidup di jajaran Pemprov Sumbar," ujar dia.

Irwan juga berharap, budaya membuat pantun bisa hidup pada generasi muda. Salah satu caranya dengan menggelar kegiatan dan lomba yang berkaitan dengan pantun. Seperti Festival Pantun Spontan ala Irwan Prayitno tingkat SLTA seluruh Sumatera Barat yang digelar pihak swasta.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Pria Ini Kalahkan Rekornya Sendiri Bawa Gelas Bir Terbanyak
Artikel Selanjutnya
51 Kali Pull Up dalam 1 Menit, Pria Ini Raih Rekor Dunia