Sukses

Bikin Mewek, Siswa Tak Mampu Jualan Cilok demi Biaya Sekolahnya

Liputan6.com, Jakarta - Mendapat pendidikan yang layak adalah hak setiap anak bangsa. Namun, sejumlah anak usia sekolah harus bekerja keras demi melanjutkan pendidikannya. Seperti Sopan Sopyan, siswa miskin yang jualan cilok untuk memenuhi kebutuhan sekolah.

Siswa kelas 1 SMA Gaja, Tasikmalaya itu memang berasal dari keluarga miskin. Ibunya yang keturunan Tionghoa meninggal waktu Sopan masih duduk di bangku SMP. Sementara sang ayah, hanya bekerja serabutan.

Ketua Yayasan SMA Gaza Iim Imanulloh mengatakan, Sopan dititipkan ayahnya ke yayasan agar bisa mendapat pendidikan. Makanya, pihak seolah tidak hanya mendidik Sopan dengan mata pelajaran umum. Namun, Sopan juga dibekali pendidikan agama di pesantren Gaza.

Selain itu, dia juga dibekali keterampilan hidup, yakni dengan belajar cara berjualan. Sopan sendiri memang punya bakat berjualan.

"Dia mampu menarik minat pembeli, walau sekadar cilok," kata Iim Imanulloh.

Untuk modal awal berjualan cilok, Sopan dipinjami Iim uang Rp 50 ribu. Sopan lantas menggunakan uang itu untuk membuat cilok dengan bahan tepung singkong dan bumbu kacang.

Dia kemudian menjajakan sendiri jajanan khas Sunda itu keliling kampung. Tanpa canggung dan malu, bocah itu untuk berjualan cilok demi memenuhi kehidupan sehari-hari selama bersekolah.

Dari hasil berjualan cilok, Sopan mampu menghasilkan uang Rp 162.000. Jumlah uang itu kemudian dipotong untuk pinjaman modal sebesar Rp 50 ribu. Jadi, dia mengantongi untung Rp 112.000.

Kata Iim, sebenarnya, uang untuk modal Rp 50.000 itu bukan pinjaman, tetapi diberikan. Namun demi mendidik mandiri, uang modal itu tetap dikembalikan Sopan.

"Nah, yang labanya itu Rp 112.000 sebagian dipakai dia untuk modal berjualan cilok lagi. Jadi akhirnya dia bisa mandiri berjualan," kata Iim.

Kisah siswa jualan cilok ini memang sangat inspiratif. Dalam akun Facebook pribadinya, Iim menyebut, semoga kisah kehidupan Sopan menjadi inspirasi dan motivasi bagi semua.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Demi Anak, Tukang Sapu Hanya Makan Mi Instan Selama 7 Tahun
Artikel Selanjutnya
Yuk Bantu Anugerah, Sekolah Gratis untuk Anak Berkebutuhan Khusus