Sukses

Aksi Nekat Guru Panjat Tiang Demi Betulkan Bendera Terbalik

Seorang guru Indonesia membetulkan bendera Indonesia yang terpasang terbalik saat berkunjung ke Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Insiden bendera terbalik sepertinya belum usai. Fenomena ini menjadi viral ketika berawal pada ajang SEA Games 2017 di Malaysia.

Akibatnya, mulai bermunculan kejadian yang sama terjadi di beberapa negara. Contohnya dalam kasus ini pernah terjadi di Thailand. Terdapat bendera Indonesia berjajar dengan bendera negara-negara ASEAN lainnya. Namun anehnya, bendera Indonesia yang terpajang di sana mengalami kesalahan peletakan.

Hal tersebut dipergoki oleh salah satu guru dari SMK Negeri 1 Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Mereka sedang melakukan kunjungan ke Lampang Technical College, Thailand. Saat mereka berkunjung ke Balai Konservasi Gajah di Provinsi Lampang, ditemukan bendera Indonesia berkibar terbalik di tiang. Salah satu guru bernama Hikmat sontak berinisiatif untuk membetulkan identitas bangsa itu.

Pemilik video meyakini bendera tersebut adalah bendera Indonesia, bukan bendera Polandia. Sebab, deretan tersebut merupakan bendera-bendera negara ASEAN. Polandia bukan termasuk di dalamnya.

“Ini memang benar bendera Indonesia, karena di deretan bendera-bendera ini adalah bendera-bendera negara ASEAN, yang jelas Polandia tidak terdapat di dalamnya," ucapnya.

Video yang diunggah pada 2016 sontak menjadi viral kembali sejak insiden pada SEA Games 2017. Banyak warganet yang mengungkapkan kekecewaan akibat kejadian bendera terbalik itu, tapi tidak sedikit warganet yang memuji aksi heroik Hikmat tersebut.

Penulis

Anggi Izni Sabilia

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.